Indeks Harga Produsen China Oktober Turun 2,2%

Senin, 10 November 2014 - 11:08 WIB
Indeks Harga Produsen China Oktober Turun 2,2%
Indeks Harga Produsen China Oktober Turun 2,2%
A A A
BEIJING - Indeks Harga Produsen China pada Oktober turun 2,2% dan mencatat rekor pada bulan ke-32 secara berturut-turut. Sementara, harga konsumen masih tetap stabil.

Seperti dikutip dari Bloomberg, Senin (10/11/2014), kondisi tersebut memberikan tekanan kepada para pembuat kebijakan untuk meningkatkan perekonomian China.

Biro Statistik Nasional di Beijing mengatakan, bahwa indeks harga produsen turun 2,2% dari tahun sebelumnya, dibandingkan proyeksi rata-rata dari survei Bloomberg News yang turun 2%.

Sementara, harga konsumen China naik 1,6% dan tingkat tidak berubah dari bulan sebelumnya dan sesuai dengan perkiraan ekonom.

Ekonomi China terbebani oleh kelebihan kapasitas dan permintaan domestik lemah yang sedang menuju pertumbuhan paling lambat dari lebih dua dekade.

Harga minyak dan logam yang lebih rendah memotong biaya di pabrik, yang memungkinkan eksportir China untuk menurunkan harga dan menambah tekanan deflasi global.

"Permintaan domestik China tetap berisiko ringan dan dis-inflasi yang sedang berkembang di belakang penurunan harga komoditas global," kata Chang Jian, kepala ekonom China di Barclays Plc di Hong Kong.

Data NBS menunjukkan, pembelian harga bahan bakar turun 3,8% pada Oktober dari tahun sebelumnya. Sementara, biaya logam besi turun 6,9%.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4996 seconds (0.1#10.140)