Sudirman: Kondisi ESDM Saat Ini Warisan 5-10 Tahun Lalu

Rabu, 26 November 2014 - 18:34 WIB
Sudirman: Kondisi ESDM Saat Ini Warisan 5-10 Tahun Lalu
Sudirman: Kondisi ESDM Saat Ini Warisan 5-10 Tahun Lalu
A A A
JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan, dirinya masuk dalam Kementerian ESDM karena melihat situasi kementerian secara keseluruhan.

Menurut dia, di manapun dan apapun kondisinya saat ini (ESDM) adalah hasil dari tindakan 5-10 tahun yang lalu.

"Krisis listrik, kilang, seperti saya katakan ini kondisi yang sistemik. Ada banyak hal yang membuat kita seperti kehilangan akal sehat untuk urusan sederhana. Banyak hal yg sebetulnya bisa diselesaikan sejak lama. Tapi terjebak dalam conflict interest," ujarnya dalam rapat evaluasi kinerja sektor ESDM tahun 2014 bersama DPD, di Jakarta, Rabu (26/11/2014).

Sudirman mengungkapkan, Indonesia membeli lebih banyak spot ketimbang kontrak. Itu karena kapasitas simpan yang dimiliki Indonesia di sektor energi tidak banyak. Maka harus membeli ke pasar.

"Dengan kondisi seperti ini, saya akan jalan semata-mata untuk memperhatikan kepentingan rakyat. Jalan lurus untuk hilangkan conflict of interest. Jadi dalam kebaikan tidak bisa menyenangkan semua orang. Bagaimana kebijakan yang saya ambil sebesar-besarnya untuk kemaslahatan rakyat," ujar dia.

Sudirman memberikan jaminan bahwa pemerintah merupakan pelayan untuk masyarakat khususnya untuk kesejahteraan. "Ini harus dikembalikan pada esensi bahwa pemerintah adalah pelayan masyarakat. Lebih dari itu, juga merupakan pemegang power untuk masyarakat," tandasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6136 seconds (0.1#10.140)