Proyek Infrastruktur Ini Siap Dibangun Tahun Depan

Kamis, 18 Desember 2014 - 10:53 WIB
Proyek Infrastruktur Ini Siap Dibangun Tahun Depan
Proyek Infrastruktur Ini Siap Dibangun Tahun Depan
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) siap membangun sejumlah proyek infrastruktur yang menjadi prioritasnya mulai tahun depan. Lantas apa saja proyek-proyek prioritas tersebut?

Dia menyebutkan, proyek Trans Kereta Api (KA) di Sumatera akan dimulai pembangunannya pada Februari hingga Maret 2015 mendatang.

"Trans Tol di Sumatera juga awal tahun sudah akan kita mulai. Kita minta bupati, wali kota, gubernur terkait pembebasaan lahan dibantu," ujar dia dalam acara pembukaan Musrenbangnas di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (18/12/2014).

Lebih lanjut Jokowi mengatakan, Trans KA dan proyek tol di Kalimantan juga akan dimulai tahun depan. Anggarannya akan dikombinasikan antara Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan swasta.

"Karena sudah ada investor yang akan masuk ke sana," imbuh dia.

Selain itu, dia melanjutkan, pihaknya juga akan membangun proyek Trans KA di Sulawesi mulai tahun depan. Jokowi juga mendorong proses feasibility study (uji kelayakan) mengenai KA di Papua, yang ditargetkan enam bulan mendatang telah selesai.

"Sehingga pelaksanaan di lapangan sudah mulai karena konektivitas antar pulau untuk mengatur distribusi logistik," jelasnya.

Mantan Wali Kota Solo ini menambahkan, selain berbagai proyek infrastruktur yang akan digenjot pada tahun depan, pembangunan karakter manusia yang menjadi kunci kesuksesan megaproyek tersebut juga perlu ditingkatkan.

Karena itu, dia meminta wali kota, maupun gubernur melakukan perbaikan mengubah pola pikir, revolusi karakter, serangan-serangan nilai pelanggaran birokrasi, dan yang pola pikirnya lambat, dibangun sistem agar diubah menjadi cepat pelayanannya.

"Karena kalau program yang ada, jika tidak dibarengi pembangunan manusia yang baik akan terkendala," tandasnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3463 seconds (0.1#10.140)