Kementerian BUMN Assessment Lima Calon Dirut Telkom

Kamis, 18 Desember 2014 - 16:25 WIB
Kementerian BUMN Assessment Lima Calon Dirut Telkom
Kementerian BUMN Assessment Lima Calon Dirut Telkom
A A A
JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) saat ini tengah menilai dan mempertimbangkan dari lima nama untuk mengisi posisi Direktur Utama (Dirut) PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (Telkom).

Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Konstruksi dan Jasa Lain, Kementerian BUMN Gatot Trihargo mengatakan, pemerintah saat ini masih menggodok sejumlah nama untuk mengisi kekosongan Dirut Telkomsel selepas ditinggal Arif Yahya yang telah menjabat sebagai Menteri Pariwisata.

"Proses seleksi telah berlangsung. Sudah dilakukan assessement karena sebentar lagi digelar rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) Telkom," kata Gatot kepada sejumlah media di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (18/12/2014).

Lebih lanjut dia menjelaskan, keputusan Dirut Telkomsel akan ditentukan melalui Tim Penilai Akhir (TPA) yang terdiri dari Menteri BUMN Rini Soemarno, kementerian terkait, yaitu Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Sekretaris Kabinet dan Presiden RI Joko Widodo.

Sedangkan pengesahannya dilakukan melalui RUPSLB Telkomsel yang rencanannya akan digelar pada hari Jumat (19/12/2014) besok.

Sekretaris Kementerian BUMN Imam Apriyanto Putro mengakui tengah menyeleksi setidaknya lima kandidat Dirut Telkom. Kandidat berasal dari internal dan eksternal Telkom. Jajaran direksi Telkom dilakukan asesement termasuk dari ekternal agar mendapatkan manajemen yang memiliki standar global.

Sumber di Kementerian BUMN menyebutkan setidaknya ada tiga nama yang menguat akan ditunjuk menjadi Dirut Telkom. Mereka adalah Pelaksana Tugas Dirut Telkom Indra Utoyo yang juga Direktur Innovation & Strategic Portfolio.

Kemudian, Dirut PT Telkomsel Alex Janangkih Sinaga juga disebut-sebut menjadi kandidat bos Telkom sebagai induk usaha. Lalu nama yang juga disebut adalah Ririek Adriansyah yang kini menjabat sebagai Direkur Compliance & Risk Management Telkom.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4826 seconds (0.1#10.140)