Membuka Celah Bisnis ala Amran Sulaiman

Sabtu, 10 Januari 2015 - 06:27 WIB
Membuka Celah Bisnis ala Amran Sulaiman
Membuka Celah Bisnis ala Amran Sulaiman
A A A
DALAM bisnis banyak hal yang tidak ada dalam teori atau pendidikan di sekolah. Dibutuhkan kejelian dan kelihaian dalam melihat peluang yang ada.

Hal ini yang dilakukan Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman, saat berkecimpung di bidang usaha. Menurutnya pengusaha harus bisa memanfaatkan peluang di setiap celah walaupun sulit.

Dia mengaku pernah meraih untung sebesar Rp5 miliar dalam tiga bulan. Tetapi untuk mendapatkannya tidak mudah karena harus mengurus izin dahulu.

"Pengusaha biasa ambil di tikungan, itu tidak ada di birokrat Saya punya banyak pengalaman. Ingin ketemu seorang dirut (direktur utama) susahnya bukan main. Tiga bulan tidak bisa, akhirnya ketemu di bandara, beliin pulsa sekretarisnya tanya kegiatannya," ujar Amran di Menara Kadin, Jakarta, Jumat (9/1/2015).

Dia mengatakan, pertemuan di bandara ini ilmunya pengusaha. Dia melobi seorang biksu di samping dirut, agar bisa duduk dengannya.

"Tidak ada ilmunya di sekolah. Ada biksu duduk di sampingnya, saya tawarkan bayar tiketnya. Saya bilang mau bicara di samping Bapak itu. Malah dikasih gratis tiketnya, biksu yang baik. Ketika mendarat kemudian dokumen tersebut disetujui," cerita Amran.

Ilmunya tersebut juga diterapkan ketika menjadi menteri untuk melakukan komunikasi dengan Presiden Joko Widodo guna mencairkan dana pertanian dan kepada panglima TNI untuk mewujudkan swasembada pangan.

"Mikir-mikir ilmu wirausaha saya terapkan lagi ke panglima TNI. Awalnya cuma mau ngopi lalu obrolan tentang menegakkan kebenaran di republik ini. Ketika tanya makanan apa kesukaannya, lalu saya bawa dan bilang itu enak. Keempat kali bawa bisnis, lalu dia tanya apa pertanian perlu bantuan? Masuk ini barang," pungkasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8365 seconds (0.1#10.140)