Jokowi Resmikan 7 Proyek Infrastruktur di Sumut

Selasa, 27 Januari 2015 - 16:55 WIB
Jokowi Resmikan 7 Proyek Infrastruktur di Sumut
Jokowi Resmikan 7 Proyek Infrastruktur di Sumut
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini meletakkan batu pertama (groundbreaking) pembangunan tujuh proyek infrastruktur di Sumatera Utara (Sumut).

Jokowi tiba di Landasan Udara (Lanud) Soewondo, Medan langsung menuju pelabuhan Kuala Tanjung untuk melakukan pemancangan tiang pembangunan terminal serbaguna.

Seperti dikutip dalam laman Setkab, Selasa (27/1/2015), Jokowi melakukan teleconference tentang perkembangan pembangunan Jalan Tol Medan-Binjai, terutama pengerukan tanah dengan eskavator.

Adapun proyek infrastruktur dari Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) yang dilakukan groundbreaking oleh mantan Walikota Solo ini adalah Terminal Multipurpose PT Pelindo I (Perseo), Kuala Tanjung.

Kemudian, proyek diversifikasi produk dan pengembangan pabrik peleburan alumunium PT Inalum (Persero), Kuala Tanjung, pabrik minyak goreng PTPN III (Persero), Sei Mangkei, Gardu Induk PLN, Sei Mangkei, jalan tol Medan-Binjai, Jalan Binjai, Desa Megawati.

Pelabuhan Kuala Tanjung sendiri memiliki panjang dermaga 400 meter (m), dengan panjang trestle 2,7 km, dan tangki timbun kapasitas 145.000 ton. Sedangkan kapasitas container yang kapasitas 400.000 TEUs.

Setelah itu, Jokowi dan rombongan langsung menuju ke Kabupaten Asahan, tepatnya di lokasi PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum) untuk meletakkan batu pertama proyek-proyek infrastruktur di Kuala Tanjung dan di Kawasan Ekonomi Khusus Sei Mangkei, serta di Kabupaten Binjai, Sumatera Utara.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1632 seconds (0.1#10.140)