Mentan Dorong Bali Jadi Eksportir Utama Sapi ASEAN

Jum'at, 06 Februari 2015 - 15:42 WIB
Mentan Dorong Bali Jadi Eksportir Utama Sapi ASEAN
Mentan Dorong Bali Jadi Eksportir Utama Sapi ASEAN
A A A
DENPASAR - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman ingin menjadikan Bali sebagai pengekspor sapi utama di ASEAN dalam tiga tahun mendatang. Dia melihat sapi Bali sangat berpotensi dibandingkan sapi di daerah lain. Di mana berat sapi Bali sekitar 600 kilogram per ekor pada usia 2 tahun.

"Bila melihat potensi sapi seperti yang dikatakan para peternak di Bali, kita bisa swasembada. Bahkan, kita bisa mengekspor sapi ke negara-negara Asia," terangnya, saat bertemu dengan petani Desa Cemagi, Badung, Bali, Jumat (6/2/2015).

Bali diharapkan dapat menopang kebutuhan sapi nasional. Produksi sapi setahun di Indonesia sekitar 1,6 juta ekor. Sementara kebutuhannya hanya 1 juta ekor.

"Swasembada ada di ujung kaki kita. Sekitar 8 juta bibit sapi kita itu diekspor keluar negeri setelah saya mengetahui itu kita menghentikan ekspor bibit. Kenapa kita mengekspor bibit padahal kita masih butuh itu, kita terus-terusan mengimpor sapi. Untuk itu, kita harus dihentikan pengeksporan bibit," jelasnya.

Dia menyebutkan, Bali diharapkan bisa memproduksi sapi sekitar 200 ribu ekor per tahun. Selain itu, Andi juga ingin sperma sapi Bali disebarkan ke seluruh Indonesia. "Bila seperma sapi Bali dijadikan benih unggulan dan disebarkan ke seluruh Indonesia, secara otomatis semua daerah tidak akan kekurangan stok daging sapi," terangnya.

Amran menambahkan, tidak hanya Bali, daerah NTB, dan NTT juga penghasil sapi berkualitas tinggi.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9466 seconds (0.1#10.140)