BWJ Siap Dukung Target Devisa Wisman Rp150 Triliun

Jum'at, 20 Februari 2015 - 14:34 WIB
BWJ Siap Dukung Target Devisa Wisman Rp150 Triliun
BWJ Siap Dukung Target Devisa Wisman Rp150 Triliun
A A A
JAKARTA - PT Banten West Java Tourism Development Corporation (BWJ) siap mendukung target pemerintah mencapai devisa negara dari wisatawan mancanegara (wisman) tahun ini sebesar USD12,05 miliar atau setara dengan Rp150 triliun (Rp12.500/USD).

Direktur Utama PT. BWJ Setiawan Mardjuki menyakini, operasional Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung menjadi salah satu upaya mencapai target tersebut.

“BWJ siap mendukung target-target pencapaian devisa negara dari sektor pariwisata, khususnya yang berbasis maritim. Bangsa kita harus memiliki keunggulan daya saing di bidang pariwisata dari negara lain,” kata dia dalam rilisnya, Jumat (20/2/2014).

Operasional KEK Tanjung Lesung sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah (PP) No. 26/2012 tentang KEK Tanjung Lesung harus beroperasi pada akhir Februari 2015.

Hal itu bertujuan mendorong investasi, khususnya di sektor pariwisata, sehingga sektor pariwisata mampu memberikan kontibusi 12 persen terhadap investasi nasional dari realisasi selama ini sekitar 5%–6%.

“Apalagi, pemerintah segera menerbitkan insentif fiskal bagi KEK untuk memmudah para investor, sehingga saat ini menjadi peluang yang sangat bagus untuk berinvestasi di KEK Tajung Lesung,” papar Setiawan.

KEK Tanjung Lesung dikembangkan sebagai International World Class Destination di atas lahan 1.500 hekater (ha) dan memiliki garis pantai sekitar 13 kilometer (km). Adapun, fasilitas di KEK Tanjung Lesung, yakni memiliki penginapan bertaraf internasional dan sejumlah fasilitas pendukung.

Di KEK Tanjung Lesung, kata dia, wisatawan tak hanya dapat melakukan aktivitas olahraga air, namun juga berpartisipasi melestarikan lingkungan laut dengan mempelajari cara transplantasi terumbu karang di lokasi konservasi yang terletak di tengah laut.

Selain itu, terdapat 2 proyek infrastruktur besar yang sedang dikembangkan di Tanjung Lesung, yaitu, Bandar Udara Banten Selatan dan jalan tol Serang–Panimbang yang melalui jalan tol Jakarta–Merak.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4202 seconds (0.1#10.140)