Harga BBM Kemungkinan Naik Lagi dalam Waktu Dekat

Rabu, 08 April 2015 - 16:57 WIB
Harga BBM Kemungkinan Naik Lagi dalam Waktu Dekat
Harga BBM Kemungkinan Naik Lagi dalam Waktu Dekat
A A A
JAKARTA - Pemerintah dalam waktu dekat tidak menutup kemungkinan akan kembali menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM).

Hal itu berdasarkan proyeksi puncak kenaikan harga minyak mentah dunia di 2015 akan berada di level USD65-USD70/barel. Proyeksi tersebut melebihi kondisi pergerakan harga rata-rata Indonesia Crude Price (ICP) sepanjang Maret 2015 sebesar USD53,55/barel.

"Peak-nya (harga puncak) pada enam bulan ke depan. Harganya akan mendekati USD65-USD70/barel," tutur Menteri ESDM Sudirman Said saat rapat dengan Komisi VII DPR di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (8/4/2015).

Dia mengatakan, harga minyak mentah terendah terjadi pada awal Januari 2015. Harga tersebut membuat pemerintah melakukan penyesuaian dengan menurunkan harga BBM.

Prediksi rata-rata harga itu, kata Sudirman, berpotensi mengubah arah kebijakan harga BBM nasional. Karena itu, dalam waktu dekat tak menutup kemungkinan, pemerintah melakukan penyesuaian harga dengan menaikkan harga BBM.

Namun demikan, Sudirman memastikan, penyesuaian harga yang akan dilakukan tetap memperhatikan berbagai aspek kepentingan. Salah satunya, daya beli masyarakat.

"Saya jelaskan kepada masyarakat, pemerintah punya policy yang memperhatikan berbagai aspek, tapi tidak hanya kepentingan daya beli masyarakat. Kami ke depankan pendidikan kepada masyrakat bahwa harus realistis (harga minyak dunia naik)," kata Sudirman.

Pemerintah memastikan, evaluasi harga BBM tidak melepas sepenuhnya komponen pembentuk harga sesuai keekonomian. Pihaknya tetap melakukan intervensi sesuai batas-batas untuk mencapai keseimbangan.

"Kami tidak patok harga pasar, kami intervensi. Ini keseimbangan yang memang membutuhkan dukungan semua pihak," ujarnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7757 seconds (0.1#10.140)