Apresiasi oleh Karyawan Rendah

Kamis, 14 Mei 2015 - 08:39 WIB
Apresiasi oleh Karyawan Rendah
Apresiasi oleh Karyawan Rendah
A A A
JAKARTA - Survei perusahaan konsultan Towers Watson mengenai manfaat karyawan (benefit) se-Asia-Pasifik menunjukkan, perusahaan-perusahaan di Indonesia menemui kesenjangan antara biaya dan penghargaan dalam hal tunjangan bagi pekerja.

Hanya 19% dari perusahaan-perusahaan di Indonesia meyakini manfaat yang mereka berikan dihargai pekerjanya. Survei yang melibatkan 1.145 perusahaan di 20 negara di kawasan Asia-Pasifik tersebut digelar untuk mendapatkan gambaran akan tantangantantangan yang dihadapi oleh perusahaan.

Manfaat karyawan dilihat sebagai satu kesatuan dari proposisi nilai karyawan, yaitu suatu kelebihan yang dapat membantu merekrut dan mempertahankan karyawan. Saat ini 63% dari perusahaan di Indonesia menghabiskan lebih dari seperempat dari pengeluaran biaya manfaat karyawan untuk manfaat yang berkaitan dengan kesehatan. Biaya-biaya yang timbul dari pemberian manfaat tersebut diperkirakan terus meningkat.

”Namun peningkatan pengeluaran manfaat karyawan tidak lantas berhubungan dengan peningkatan penghargaan atas manfaat tersebut oleh karyawan. Tapi, penghargaan terhadap manfaat akan meningkat ketika masukanmasukan yang diberikan oleh karyawan diperhatikan perusahaan,” kata Director Benefits Towers Watson South East Asia Mark Whatley dalam keterangan tertulis kemarin.

Director Benefits Towers Watson Indonesia Santhi Devi R menambahkan, memperkenalkan fleksibilitas lebih ke dalam program manfaat juga menjadi satu cara bagi perusahaan untuk menjawab permasalahan tersebut. Berdasarkan survei, perusahaan- perusahaan yang telah memberikan manfaat yang fleksibel, mayoritas dari mereka merasakan bahwa program mereka berhasil dalam meningkatkan pemahaman dan penghargaan karyawan akan manfaat yang diberikan (67%).

Saat inihanya10% dari perusahaandi Indonesia menawarkan format yang fleksibel bagi karyawan atau sesuai pilihan karyawan. ”Manfaat yang fleksibel menjadicara yang efektif dalam memberikan manfaat dan meningkatkan penghargaan nilai manfaat kepada karyawan,” ujarnya.

M faizal
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5048 seconds (0.1#10.140)