Minimalis Berhalaman Luas

Rabu, 20 Mei 2015 - 09:05 WIB
Minimalis Berhalaman...
Minimalis Berhalaman Luas
A A A
Membangun rumah minimalis bukanlah menjadi konsep membangun rumah yang baru pada era sekarang ini.

Konsep rumah minimalis sendiri telah hadir sejak puluhan tahun lalu. Diperkirakan konsep rumah minimalis sudah hadir sejak tahun 1920 ketika pada saat itu desain rumah terlihat sudah mulai klasik. Mendesain rumah minimalis sendiri menjadi kian mudah karena konsep yang ditawarkan justru meningkatkan sang pemilik rumah lebih pintar memaksimalkan ruangruang yang ada ditengah keminiman.

Namun, tanah atau lahan yang minim bukan menjadi satu-satunya alasan dibangunnya rumah minimalis. Adakalanya rumah minimalis tetap dibangun walau sebenarnya memiliki lahan yang luas. Hal itu dikarenakan sang pemilik menyukai lahan yang luas untuk bertaman, berkebun dan beraktifitas ditengah kehijauan pohon disekitar bangunan rumah. Desainer Interior Ary Juwono,

menyatakan untuk rumah minimalis dengan halaman yang luas dibutuhkan bukaan jendela dan pintu yang lebar. Hal itu untuk memudahkan sirkulasi udara yang baik dari halaman dan agar mendapatkan pemandangan alam langsung dari halaman yang luas. Dia menambahkan, rumah minimalis dengan lahan yang luas tidak memerlukan pencahayaan lampu buatan yang banyak karena memiliki bukaan ruangan yang luas dan halaman yang lebar.

“Untuk rumah minimalis pilihlah furnitur-furnitur yang sederhana dan tidak terlalu lebar. Hal tersebut agar ruangan tetap berfungsi dengan volume yang baik tidak terlalu sesak dengan perabotan rumah yang besar dan penuh ornamen. Pilihlah perabot rumah yang kecil namun tetap berfungsi sesuai fungsinya dengan baik,”ujarnya.

Ary juga menayarankan untuk menggunakan cat dengan pilihan cat yang berwarna terang. Warna putih adalah pilihan tepat, namun warnawarna terang lain seperti biru muda, hijau muda, warna pastel bisa menjadi pilihan juga dengan hasil ruangan yang tetap menawarkan kesederhanaan warna dan tidak terlalu mencolok dimata.

Menurut Ary hal lain yang tak kalah penting adalah bahwa konsep gaya rumah minimalis tidak hanya berdasarkan rumah yang berukuran mungil atau kecil saja. Tapi juga mengarah kepada pola pikir sang pemilik rumah. Karena memiliki rumah minimalis juga mengajarkan kepada sang pemilik rumah berpikir bagaimana mendesain rumah dalam keadaan yang cukup atau minimalis.

Misalnya dalam pengaturan perabotan mana yang diperlukan dan mana yang tidak terlalu diperlukan. Hal itu akan berdampak pada gaya konsumtif sang pemilik rumah. Gaya rumah minimalis yang baik juga pada dasarnya berangkat dari bagaimana sang pemilik rumah dengan bijak memperlakukan rumahnya.

Miranta Kristanti, Arsitektur dari Arsindo, menyatakan, apabila ingin membuat rumah minimalis buatlah dengan bukaan-bukaan yang luas. Agar walaupun aslinya kecil tapi terasa tidak kecil”. Tanti menyatakan bahwa kebanyakan kliennya banyak yang memilih rumah desain modern minimalis.

Menurut Tanti, minimalis sendiri sebenarnya lebih mengarah kepada gaya bukan sebatas ukuran rumah tertentu hanya saja kebanyakan orang menerapkannya pada penggunaan lahan yang sempit dan juga memang cocok dilahan yang sempit.

Muhammad marwan
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6314 seconds (0.1#10.140)