Pelabuhan Harus Jadi Kebanggaan Nasional

Rabu, 20 Mei 2015 - 12:59 WIB
Pelabuhan Harus Jadi Kebanggaan Nasional
Pelabuhan Harus Jadi Kebanggaan Nasional
A A A
JAKARTA - Serikat Pekerja (SP) PT Jakarta International Container Terminal (JICT) mendesak pemerintah lebih memperhatikan pelabuhan di Indonesia. Peran serta pekerja juga harus diperhatikan mengingat pekerja merupakan ujung tombak perusahaan.

Ketua Serikat Pekerja PT JICT Nova Hakim mengatakan, Indonesia sebagai negara dengan pasar ekspor impor yang sangat besar seharusnya memiliki pelabuhan nasional yang patut dibanggakan. Alasannya, pelayanan efisien di pelabuhan akan meningkatkan daya saing nasional dan kemakmuran rakyat.

"Indeks kinerja logistik Indonesia 2014 berada di posisi 53 dengan persentase rata-rata 66,7%. Jauh di bawah Singapura di peringkat ke-5 dan Malaysia di peringkat 25," kata dia kepada wartawan di kantornya, Rabu (20/5/2015).

Untuk itu, lanjutnya, sudah saatnya peran negara bersinergi membangun layanan pelabuhan yang andal. Kebanggaan pelabuhan adalah nasionalisme dan kedaulatan

Dia menegaskan, JICT telah diakui sebagai pelabuhan petikemas yang paling produktif di Indonesia dan menjadi kebanggaan nasional.

"JICT selama 16 tahun telah berhasil meningkatkan produktivitas pelabuhan dua kali lipat. Pada 1999 JICT memiliki produktivitas 14 gerakan per jam (Mph). Namun saat ini JICT mampu menghasilkan produktivitas mencapai 30 Mph," ungkapnya.

Nova mengatakan, keberhasilan JICT dalam meningkatkan produktivitas tidak lepas dari peran pekerja yang sangat vital. Pemerintah harus berperan penting untuk melindungi pekerja agar dapat memiliki mindset melayani dan meningkatkan produktivitas pelabuhan di Indonesia bukan malah dibuat tidak kondusif.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7787 seconds (0.1#10.140)