Ini Ciri-ciri Beras Palsu dari Plastik

Rabu, 20 Mei 2015 - 15:52 WIB
Ini Ciri-ciri Beras...
Ini Ciri-ciri Beras Palsu dari Plastik
A A A
SURABAYA - Kepala Seksi Pengawasan Barang dan Perlindungan Konsumen Disperindag Jawa Timur Eka Setyabudi mengungkapkan, ada beberapa ciri beras palsu berbahan plastik dari China.

Meski dalam sidak pihaknya kesulitan untuk mendeteksi ciri-ciri beras plastik, namun telah mendapatkan informasi dari Bulog dan Pertanian.

"Ciri-cirinya dari informasi Bulog dan Pertanian, beras ini berbentuk utuh, bening aromanya hambar dan jika dimasukkan ke dalam air mengambang. Sementara beras yang asli aroma yang keluar khas mesin penggilingan," jelasnya di Pasar Tradisional Bendul Merisi, Subaya, Rabu (20/5/2015).

Tim terpadu yang dibentuk untuk menanggulangi peredaran beras palsu dari plastik di Surabaya ini memang kesulitan. Pasalnya, tim hanya bermodalkan informasi dari internet dan langsung terjun ke lapangan.

Tim terpadu ini terdiri dari Disperindag, BPOM, Bulog, Pertanian dan Unit Tipiter Polrestabes Surabaya. "Untuk hari ini ada empat target. Salah satunya pasar di Bendul Merisi ini," kata dia.

Dalam sidak kali ini, pihaknya belum menemukan beras yang dimaksud. Kendatipun menemukan berdasarkan ciri-ciri tersebut, pihaknya masih akan melakukan uji tes laboratorium baru dilakukan penindakan.

"Jika ditemukan ciri mencurigakan, kita tidak langsung menjustifikasi ini beras sintetis. Kita akan bawa ke laboratorium. Kita uji kadar tepungnya. Kalau yang sistetis kadar tepungnya rendah. Jadai kalau ada yang mencurigakan kita ambil dan dibawa ke laboratorium Bulog," jelasnya.

Selama melakukan sidak, tim terpadu masih manual dalam mencari beras palsu yang terbuat dari plastik itu. Tim ini hanya bermodalkan informasi dari internet. Sesekali tim ini hanya melakukan tes manual berupa dicium dan beras dimasukkan ke dalam gelas berisi air.

(Baca: Beras Plastik Belum Masuk Jatim)
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0651 seconds (0.1#10.140)