BKPM Berupaya Tarik Investasi Maritim Jepang

Selasa, 26 Mei 2015 - 12:47 WIB
BKPM Berupaya Tarik...
BKPM Berupaya Tarik Investasi Maritim Jepang
A A A
JAKARTA - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan Konsulat Jenderal RI Osaka bersinergi untuk menarik investasi sektor maritim dari Jepang yang berada di wilayah Osaka dan sekitarnya.

Kepala BKPM Franky Sibarani mengatakan, minat investor Jepang yang berada di wilayah Osaka dan sekitarnya untuk menanamkan modal di Indonesia begitu besar, khususnya di sektor perikanan dan galangan kapal. ”BKPM melalui perwakilan yang ada di Tokyo akan mengintensifkan koordinasi guna memfasilitasi investor-investor tersebut untuk dapat segera berinvestasi di Indonesia,” kata Franky dalam keterangan tertulisnya kemarin.

Sebagai tindak lanjut dari kesepakatan antara BKPM dan KJRI Osaka, perwakilan BKPM di Tokyo dan KJRI Osaka akan rutin menggelar forum investor maupun mengunjungi investor di wilayah tersebut yang sudah menyatakan ketertarikannya untuk menanamkan modal di Indonesia. Selama ini investor yang mencari informasi potensi investasi di KJRI Osaka senantiasa diarahkan ke perwakilan BKPM di Tokyo.

”Ke depan kami merencanakan untuk proaktif jemput bola mendatangi investor yang ada di Osaka dan sekitarnya,” ujar Franky. Sebelumnya BKPM juga telah menggandeng perbankan Jepang yaitu Bank of Tokyo- Mitsubishi UFJ untuk mempromosikan potensi investasi Indonesia kepada para investor di Negeri Sakura. BKPM menyatakan, langkah tersebut merupakan strategi baru dalam memasarkan potensi investasi Indonesia.

”Ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh dengan bekerja sama dengan bank setempat. Mereka memiliki data tentang investor yang potensial dan kredibel, sehingga pemasaran potensi investasi Indonesia dapat langsung menuju sasarannya,” jelas Franky. Konjen RI di Osaka Wisnu Edi Pratignyo mengatakan, sinergi BKPM dan KJRI Osaka akan menguatkan upaya diplomasi ekonomi yang telah dilakukan selama ini.

Berdasarkan pengalamannya menjajaki potensi investor di wilayah Osaka dan sekitarnya, Edi mengatakan bahwa investorJepangmemilikiteknologi di sektor maritim yang dapat dimanfaatkan mengembangkan potensi maritim Indonesia. ”Selain itu, kebutuhan terhadap produk olahan berbasis perikanan di Jepang cukup tinggi.

Sementara, potensi maritim kita juga besar. Tentu akan bermanfaat sekali apabila perusahaan pengolahan hasil ikan di Osaka ini dapat menanamkan modalnya dan menjadikan Indonesia sebagai basis produksi untuk produk olahan hasil ikan,” paparnya.

ant
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8277 seconds (0.1#10.140)