Hasil Lab Sucofindo dan BPOM soal Beras Plastik Beda

Selasa, 26 Mei 2015 - 18:54 WIB
Hasil Lab Sucofindo dan BPOM soal Beras Plastik Beda
Hasil Lab Sucofindo dan BPOM soal Beras Plastik Beda
A A A
JAKARTA - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah mengeluarkan hasi uji laboratorium beras plastik yang ditemukan di Bekasi. Hasilnya, beras tersebut negatif mengandung plastik.

Hasil uji lab tersebut diperkuat dengan hasil uji yang dilakukan di laboratorium forensik Polri, Kementerian Perdagangan (Kemendag), dan Kementerian Pertanian (Kementan).

Namun sebelumnya, hasil uji laboratorium yang dilakukan auditor Sucofindo justru menunjukkan hasil berbeda dengan yang dilakukan keempat lembaga tersebut. Dinyatakan beras yang ditemukan di Bekasi tersebut positif mengandung plastik.

Lantas mengapa hasil uji lab antara Sucofindo dan BPOM berbeda?

Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti mengatakan, perbedaan hasil uji laboratorium dari Sucofindo dan BPOM serta Bareskrim Polri disebabkan karena terjadinya perbedaan interpretasi hasil analisis, terutama yang menggunakan Gas Chromatography Mass Spectrometry (GCMS).

"Di mana hasil analisis yang dikeluarkan Sucofindo adalah hasil analisis kualitatif tanpa dilakukan konfirmasi dengan senyawa baku, dari bahan plastik yang diduga terkandung dalam sampel yang dianalisis," ucapnya di Istana Negara, Jakarta, Selasa (26/5/2015).

Selain itu, sambung Badrodin, kemungkinan lainnya karena adanya kontaminasi terhadap peralatan analisis yang digunakan dalam sampel beras yang digunakan Sucofindo tersebut.

Sementara itu, Kepala BPOM Roy Sparingga menambahkan bahwa uji laboratorium yang dilakukannya juga menggunakan baku banding yang juga telah divalidasi prosesnya. Selain itu, pihaknya juga menguji kesetaraan substansi antara beras normal dengan sampel tersebut.

"Kalau mengandung bahan plastik seperti yang dilaporkan Sucofindo, kami juga menguji logam berat. Hasil sudah jelas tidak beda nyata antara beras sampel dan beras standar. Tidak terdeteksi di sana. Jadi, laporan kami menyatakan tidak mengandung beras plastik," pungkas dia.

(Baca: Ini Hasil Uji Lab Beras Plastik)
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7644 seconds (0.1#10.140)