Bulog Pastikan Stok Beras Aman Jelang Ramadan

Senin, 01 Juni 2015 - 13:32 WIB
Bulog Pastikan Stok Beras Aman Jelang Ramadan
Bulog Pastikan Stok Beras Aman Jelang Ramadan
A A A
JAKARTA - Direktur Perum Bulog Lely Pelitasari memastikan stok beras yang ada di gudang miliknya aman untuk menghadapi Ramadan dan Lebaran.

Dia menjelaskan, saat ini stok beras yang dimiliki Bulog cukup untuk memenuhi kebutuhan 5,8 bulan ke depan. Ini termasuk untuk stok Ramadan dan Lebaran, bahkan untuk antisipasi terjadinya bencana alam.

"Posisi stok yang ada di Bulog aman 5,8 bulan ke depan, adalah kebutuhan rutin yang jadi tugas Bulog. Penyaluran jaga-jaga," katanya di Kawasan Cikini, Jakarta, Senin (1/6/2015).

Menurutnya, untuk mengantisipasi lonjakan harga beras saat Ramadan dan Lebaran, Bulog pun telah merencanakan operasi pasar pada titik-titik yang diperkirakan akan terjadi lonjakan harga. "Sangat tergantung kita antisipaisnya (kenaikan harga) katakanlah intervensi operasi pasar," tutur dia.

Lely mengatakan, dalam memutuskan untuk melakukan operasi pasar, Bulog pun tidak memiliki kewenangan penuh untuk memutuskannya. Bulog harus menunggu instruksi dari pemerintah dalam hal ini Kementerian Perdagangan (Kemendag) untuk melaksanakannya.

"Bulog full operator pemerintah semua operasi pasar harus mendapatkan perintah dari pemerintah dan instansi terkait kalau operasi pasar tunggu Kemendag," pungkasnya.

Baca: Penyerapan Beras Bulog Baru 1,2 Juta Ton
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6187 seconds (0.1#10.140)