Harga Sembako di Daerah mulai Merangkak Naik

Rabu, 03 Juni 2015 - 23:06 WIB
Harga Sembako di Daerah mulai Merangkak Naik
Harga Sembako di Daerah mulai Merangkak Naik
A A A
PADANG - Menjelang Ramadan harga sembako alias kebutuhan pokok di sejumlah daerah mulai merangkak naik. Salah satunya di Pasar Raya Padang, Sumatera Barat.

Harga tomat di sana naik mencapai Rp10 ribu per kg dari sebelumnya Rp5.000 per kg. “Kita order dari daerah Alahan Panjang, Solok, pengaruh langkanya tomat tersebut akibat curah hujan yang membuat petani tomat gagal panen, kita terpaksa menjual tomat yang tidak terlalu tua jadi kalaupun dia memerah di sini kita beli yang baru matang, harga naik ini sudah seminggu lalu,” ujar Budi (45), pedagang di Pasar Inpres II, Jalan Sandang Pangan, Pasar Raya, Rabu (3/6/2015)

Kemudian, lanjut dia, bahan kebutuhan pokok lain yang mengalami kenaikan adalah harga cabai merah asal jawa, dari sebelumnya Rp20 ribu per kg naik menjadi Rp24 ribu/kg.

Hal yang sama terjadi pada cabai asal Curup Bengkulu, dari harga Rp18 ribu naik menjadi Rp22 ribu. "Harga naik sejak tiga hari lalu,” kata Budi.

Dia menuturkan, bawang merah naik senilai Rp2 ribu dari harga sebelumnya Rp26 ribu menjadi Rp28 ribu per kilogram. Sementara bawang putih bertahan di harga Rp20 ribu per kilogram. “Harga bawang merah baru naik hari ini,” katanya.

Kebutuhan pokok lain yang naik adalah minyak curah, dari harga Rp10 ribu per kilogram naik menjadi Rp10.500 perk kilogram. “Ini naik karena ekspornya yang tinggi sementara kebutuhan di dalam negeri tidak mencukupi,” ujar Zulpendri (51), seorang pedagang di Pasar Inpres II.

Sementara harga daging sapi masih normal, untuk 1 kg harganya Rp100 ribu. Menurut Oyon, salah seorang pedagang daging sapi, biasanya harga naik tiga hari jelang Ramadan. “Kita tetap menjual seharga Rp100 ribu per kilogram," tandasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5619 seconds (0.1#10.140)