BI Revisi Target Pertumbuhan Kredit

Minggu, 07 Juni 2015 - 19:00 WIB
BI Revisi Target Pertumbuhan Kredit
BI Revisi Target Pertumbuhan Kredit
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) akan merevisi target pertumbuhan kredit pada tahun ini. Pasalnya, pertumbuhan kredit dinilai akan sejalan dengan pertumbuhan ekonomi yang mengalami perlambatan.

Deputi Gubernur BI Halim Alamsyah mengatakan, capaian pertumbuhan ekonomi kuartal I 2015 yang sebesar 4,7% atau lebih rendah dibandingkan akhir tahun 2014, disinyalir menjadi faktor melambatnya pertumbuhan kredit tahun ini.

"Tentu mungkin akan ada revisi. Karena kita kan sudah merevisi pertumbuhan ekonomi, pertumbuhan kredit saya pikir akan mengikuti pertumbuhan ekonomi yang melambat," kata Halim di Jakarta, Minggu (7/6/2015).

Menurutnya, BI belum bisa menentukan hasil revisi pertumbuhan kredit lantaran masih menunggu bank-bank memasukkan revisi rencana bisnis mereka. "Nanti pertengahan tahun mereka akan memasukkan revisi. Kita tunggu revisi dari bisnis bank di semester II," imbuhnya.

Sementara itu, untuk menggenjot pertumbuhan kredit tahun ini BI berencana untuk merelaksasi kebijakan makroprudensial, yakni pelonggaran aturan loan to value (LTV) untuk sektor properti dan kendaraan bermotor.

Halim menuturkan, BI juga akan terus memantau sektor-sektor mana yang bisa mendorong pertumbuhan kredit.

"Kami juga berharap pemerintah sesegera mungkin melaksanakan rencana program-program yang penting, terutama infrastruktur dan ekonomi dunia di semester II membaik,” tukasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5020 seconds (0.1#10.140)