Desain Rumah 2 Lantai Tipe 22/85

Rabu, 10 Juni 2015 - 09:10 WIB
Desain Rumah 2 Lantai Tipe 22/85
Desain Rumah 2 Lantai Tipe 22/85
A A A
Pertanyaan
Yth Pak Probo, salam kenal. Saya pembaca sisipan properti di KORAN SINDO . Saya memiliki rumah tipe 22/85, denah terlampir. Ingin merenovasi menjadi 2 lantai, yang terdiri atas lantai 1: carport , ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dapur, kamar mandi, dan toilet. Lantai 2: 3 kamar tidur, ruang keluarga, dan kamar mandi. Sementara posisi taman tetap seperti semula. Saya mohon dibantu desainnya. Bila saya ingin memakai panel lantai untuk lantai 2, kira-kira berapa estimasi biayanya. Demikian, atas perhatian Pak Probo saya ucapkan terima kasih.
Salam Zari Ramdhan,Tangerang

Jawaban
Yth Bapak Zari Ramdhan. Rumah tipe mungil seperti rumah Bapak sebaiknya dikembangkan menjadi 2 lantai. Dewasa ini semakin banyak orang yang menyadari bahwa rumah yang nyaman selain dipengaruhi oleh besaran ruang-ruang yang ada di dalamnya, juga bagaimana kita mengatur ruang-ruang tersebut. Kunci utamanya adalah menciptakan rumah yang berkesan lega.

Sebuah keputusan yang baik untuk meletakkan kamar tidur di lantai atas. Meskipun sebenarnya masih ada kesempatan untuk meletakkan kamar tidur di bawah. Dengan meletakkan kamar tidur di atas, maka lantai satu akan lebih leluasa untuk didesain. Ruang tamu bisa diperbesar sedikit sehingga memberikan kesan lebih lega dan rumah terlihat lebih besar dari sebelumnya. Karena ada taman yang tidak diubah, maka kamar mandi menjadi berada di pojok.

Kamar mandi ini didesain dengan sebuah tembok penghalang pandangan. Selain itu, kamar mandi bawah juga sebaiknya memakai exhaust fan untuk menjaga kesegaran udara. Di atas ruang keluarga lantai 2 sebaiknya dibuat atap dak, sebagian dilengkapi dengan glass block untuk memasukkan cahaya dari atas. Dari segi tampilan bangunan digunakan warna tembok biru yang agak hijau agar terlihat segar.

Dipadukan dengan warna putih dan cokelat kayu, bakal menghasilkan perpaduan warna yang selaras. Adapun tentang estimasi biaya, di sini hanya saya berikan perkiraan yang kasar, di mana lantai 1 berukuran 52,33 meter persegi, sedangkan lantai atas 54,28 meter persegi. Total luas keseluruhan 106,61 meter persegi. Kita bisa mengalikan dengan perkiraan biaya membangun di area lokal lokasi lahan, di mana untuk daerah Tangerang adalah sekitar Rp400 hingga Rp500 juta untuk membangun baru dari awal.

Sementara untuk renovasi, karena memperhitungkan struktur dan kondisi awal bangunan, silakan menghubungi kontraktor untuk memperkirakan biayanya. Demikian, semoga bisa membantu.

Salam, Probo Hindarto
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4054 seconds (0.1#10.140)