Superblok Daerah Masih Diminati

Rabu, 10 Juni 2015 - 09:10 WIB
Superblok Daerah Masih Diminati
Superblok Daerah Masih Diminati
A A A
Tidak hanya Jabodetabek dan sekitarnya, proyek properti mixed-use development atau superblok juga menjangkau kota-kota besar di Indonesia. Ini tak lain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat urban akan kompleks apartemen, hotel, kantor, sarana pendidikan, dan pusat perbelanjaan yang berada dalam satu lokasi.

Proyek superblok semakin banyak dibangun untuk memberikan tingkat produktivitas yang tinggi dengan menggabungkan hunian, belanja, dan bisnis dalam jangkauan walking distance . Hal ini juga sebagai akibat adanya tuntutan dalam perkembangan suatu kota besar. Di Bitung, Sulawesi Utara, misalnya, kini diramaikan dengan pembangunan mixed- use besutan Lippo Group.

Proyek senilai Rp800 miliar ini terdiri atas sekolah, rumah sakit berkapasitas lebih dari 200 tempat tidur, pusat bisnis ritel, dan hotel. Menurut Presiden Lippo Group Theo L Sambuaga, proyek tersebut dilaksanakan untuk merespons harapan serta undangan pemerintah kota dalam melaksanakan pembangunan sarana kesehatan rumah sakit, sarana pendidikan, pusat bisnis perbelanjaan dan ritel, perbankan, serta sarana pariwisata perhotelan.

“Tahap awal investasinya Rp800 miliar. Pembangunan proyek mixed-use tersebut seluas 60.000 meter persegi. Proyek terdiri atas sekolah, rumah sakit berkapasitas lebih dari 200 tempat tidur, pusat bisnis ritel, hotel, serta fasilitas parkir untuk menampung sekitar 500-an mobil dan 600 motor,” katanya.

Theo mengatakan, optimistis pembangunan tersebut akan berdampak langsung pada perekonomian setempat dan kontribusi signifikan terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakat. Dalam 10 tahun terakhir, lanjut Theo, Bitung memiliki kemajuan cukup pesat. Hal ini dapat dilihat dari infrastrukturnya. “Ke depan perekonomian Indonesia mengandalkan kemaritiman dan Bitung memiliki potensi itu,” ujarnya.

Lebih lanjut Theo mengemukakan, pengembangan fasilitas tersebut bertujuan meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang akan memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan kapasitas hidup masyarakat. Karena itu, menurut Theo, dalam proyek mixed use development di Bitung, perusahaan menyinergiskan pengembangan dengan unit-unit usaha Lippo Group yang lain.

Seperti Rumah Sakit Siloam, Yayasan Pelita Harapan, proyek residensial Lippo Homes, fasilitas perhotelan Hotel Aryaduta, pusat bisnis ritel Lippo Malls Indonesia, dan perbankan Bank Nobu. Selain membantu Pemkot dan masyarakat Bitung dalam menyediakan sarana kesehatan, pendidikan, pusat perbelanjaan, perbankan, dan pariwisata perhotelan, proyek tersebut akan menyerap ribuan tenaga kerja lokal.

Sementara itu, PT Waskita Karya dan PT Darmo Permai akan menggarap superblok yang diberi nama 88 Avenue. Superblok ini ditargetkan rampung seluruh pembangunannya dalam lima tahun mendatang. Managing Director 88 Aveneu Kevin Yaphon Santoso mengemukakan, 88 Avenue dibangun di atas lahan seluas 34.088 meter persegi di tengah Kota Surabaya.

Perusahaan KSO (kerja sama operasi) yang dibentuk, yakni PT Waskita Darmo Permai, bakal mengembangkan delapan tower yang terdiri atas satu tower SOHO (Small Office Home Office), satu tower perkantoran, satu tower apartemen servis, dan lima tower hunian vertikal. “Pemancangan tiang pertama akan dilakukan pada Agustus nanti. Kami mengawali pengembangan dengan membangun tower apartemen dan SOHO.

Kedua gedung tersebut direncanakan rampung akhir 2017 dan diserahterimakan kepada pembeli pada Agustus 2018,” katanya. Tower apartemen bertajuk The Residence memiliki kapasitas 550 unit. Tipe yang ditawarkan mulai dari studio, satu kamar tidur, dua kamar tidur, dan tiga kamar tidur dengan kisaran harga Rp600 juta sampai Rp2 miliar per unit.
Adapun tower SOHO bertajuk The SOHO yang berjumlah 150 unit terdiri dari dua tipe, yakni luas 135 meter persegi dan 150 meter persegi. Bangunan setinggi dua lantai yang mengintegrasikan fungsi tempat tinggal dan usaha tersebut dipasarkan mulai harga Rp2,5 miliar per unit.

Rendra hanggara
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6340 seconds (0.1#10.140)