Keran Impor Cabai dan Bawang Belum Akan Dibuka

Jum'at, 12 Juni 2015 - 13:37 WIB
Keran Impor Cabai dan Bawang Belum Akan Dibuka
Keran Impor Cabai dan Bawang Belum Akan Dibuka
A A A
BEKASI - Menteri Perdagangan (Mendag) Rachmat Gobel mengungkapkan, pihaknya belum akan membuka keran impor cabai dan bawang merah dalam waktu dekat.

Pihaknya telah berkoordinasi dengan Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman bahwa selama stok dalam negeri cukup, keran impor kedua produk hortikultura tersebut tidak akan dibuka.

"Impor bawang, saya selalu melakukan koordinasi dengan Mentan, apabila stok supply dalam negeri cukup, kita enggak perlu (impor)," ujarnya di Kawasan Industri MM 2100, Bekasi, Jumat (12/6/2015). (Baca: Harga Bawang Melonjak, Mentan Tegaskan Tak Ada Impor)

Menurutnya, keran impor bisa saja dibuka jika stok dalam negeri cukup namun kenaikan harganya melebihi ambang batas. Sebab, hal itu menunjukkan adanya produk yang ditahan pedagang besar. "Artinya barang itu ditahan supplier juga (jika harga bawang dan cabai tinggi). Nah itu kita harus impor," tegas dia.

Kendati demikian, sambung Bos Panasonic Gobel Indonesia ini, hingga saat kini stok cabai dan bawang merah amsih dalam kondisi aman. Harganya pun masih dalam kondisi stabil. (Baca: Harga Bawang dan Cabai di Daerah Terus Naik)

"Saya melihat saat ini kita masih aman. Karena kemarin di Jawa Tengah (Jateng) saja harga (bawang dan cabai) stabil bahkan cenderung turun," pungkas Rachmat.

Baca:

Pemerintah Siap-siap Buka Keran Impor Cabai

Stok Aman, Harga Bawang dan Cabai Justru Melonjak

Sambut Ramadan, Harga Cabai Naik Tajam

(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6083 seconds (0.1#10.140)