Bulog Sumbar Siapkan Stok Beras 19 Ribu Ton

Sabtu, 13 Juni 2015 - 10:22 WIB
Bulog Sumbar Siapkan...
Bulog Sumbar Siapkan Stok Beras 19 Ribu Ton
A A A
PADANG - Menghadapi lonjakan harga beras menjelang Ramadan dan Lebaran, Badan Urusan Logistik (Bulog) Sumatera Barat (Sumbar) telah menyiapkan sebanyak 19 ribu ton beras untuk kebutuhan selama Ramadan.

"Saat ini stok beras kita sebanyak 19 ribu ton, stok ini memenuhi kebutuhan selama puasa dan empat bulan ke depan," kata Kepala Seksi Tata Usaha (TU) Umum dan Humas Bulog Sumbar, Saidi di Padang, Jumat (12/6/2015).

Menurutnya, kebutuhan beras untuk wilayah Sumatera Barat ini dalam satu bulan ada 4.000 ton, jadi diperkirakan stok yang tersedia saat ini akan mencukupi.

Untuk mengantisipasi lonjakan harga menjelang Ramadan, pihaknya akan menyalurkan beras miskin (raskin) untuk dua bulan sekaligus, yaitu Juni dan Juli 2015.

"Penyaluran raskin Juni sudah selesai, sedangkan untuk Juli akan disalurkan pada pertengahan Juni, atau di hari kedua atau ketiga bulan puasa," katanya.

Jika terjadi lonjakan harga, kata Saidi, Bulog akan melakukan operasi pasar, tapi dari pantauan Bulog sampai hari ini kondisi harga beras masih stabil, belum ada lonjakan harga. "Jika nanti masih terjadi lonjakan harga, Bulog Sumbar siap turun ke lapangan untuk melakukan operasi pasar," tuturnya. (Baca: Bulog Beberkan Penyebab Kegagalan Operasi Pasar Beras).

Pihaknya mengakui saat ini Bulog sudah melakukan pengadaan sebanyak 325 ton beras yang kebanyakan dibeli dari Jawa Timur dan Sulawesi Selatan, Bulog memilih membeli beras dari daerah lain karena harga beras lokal rata-rata dijual dengan harga di atas harga pembelian pemerintah (HPP). "Jika harga beras di atas HPP, maka Bulog tidak diharuskan membelinya," ujar dia.

Biasanya, Bulog Sumbar sendiri menyediakan pasokan beras lokal berasal dari Kabupaten Pesisir Selatan, Solok dan Bukittinggi, tapi saat ini harganya tinggi dialihkan ke daerah lain.

Baca:

Bulog Dilarang Cari Untung dari Beras

Djarot Kusumayakti Jadi Bos Bulog Tanpa Pelantikan

Ini Alasan Dirut Bulog Berasal dari BRI

(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6944 seconds (0.1#10.140)