Interior Rumah Bekas Sederhana

Rabu, 17 Juni 2015 - 10:11 WIB
Interior Rumah Bekas Sederhana
Interior Rumah Bekas Sederhana
A A A
Mendapatkan rumah bekas bergaya sederhana dan tidak terlampau luas bukan berarti Anda sulit dalam menata interiornya. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjadikan rumah minimalis Anda terlihat lebih luas dan nyaman untuk dihuni keluarga.

Pada dasarnya rumah yang besar banyak memberikan keleluasaan pada Anda untuk menatanya supaya lebih terasa enak dan nyaman ditempati oleh anggota keluarga. Namun, umumnya sekarang banyak orang memilih bentuk rumah minimalis dan sederhana karena keterbatasan lahan yang digunakan untuk membangun rumah. Untuk Anda yang memiliki rumah minimalis, termasuk hunian second, tidak perlu kesulitan dalam menata interior karena ada sejumlah kiat untuk mewujudkannya.

Pertama, hindari cat rumah berwarna putih. Masyarakat luas banyak yang beranggapan bahwa dengan memberikan cat rumah berwarna putih akan membuat rumah tampak sejuk dan luas. Padahal, sejumlah desainer interior mengatakan, cat putih jika tidak tepat penggunaannya, justru akan membuat ruangan terkesan lebih sempit.

Bila penerangan yang ada pada rumah Anda redup dan dinding berwarna putih, akan ada suatu bayangan yang menyebabkan ruang terlihat suram dan kotor. Jadi, gunakan cat dinding berwarna lain supaya bayangannya sejelas cat putih dan itulah yang membuat rumah terlihat lebih besar dan suasanya lebih nyaman. Pada rumah kecil, disarankan penerangan yang cukup. Jangan sampai suram, karena itu akan membuat ruangan terasa kecil. Lalu, tambahkan cermin.

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa keberadaan cermin di dalam ruangan akan dapat membuka ruang baru. Cermin juga digunakan sebagai pemantul cahaya lampu, jadi cahaya yang alami bakal dihasilkan oleh adanya cermin tersebut. Untuk mendapatkan ruangan baru di dalam ruang yang sangat kecil, Anda bisa meletakkan cermin besar pada sudut ruangan atau bisa juga di belakang sebuah furnitur.

Jika tidak suka cermin besar berada di rumah, Anda dapat menggunakan furnitur atau perabot rumah tangga yang juga mampu merefleksikan objek ataupun cahaya di depan furnitur tersebut. Perlengkapan rumah berjenis vas bunga yang berbahan stainless steel atau pajangan alumunium juga bisa membuat efek yang sama, yaitu sebagai pembuka ruang baru.

Dengan adanya cahaya yang cukup pada ruangan, itu adalah kunci utama agar ruangan terlihat lebih terang sekaligus terkesan besar. Anda boleh menggunakan benda yang permukaannya bisa merefleksikan objek, contohnya gelas atau kaca. Benda-benda tersebut tidak hanya merefleksikan objek dan cahaya, tapi bisa juga membuat ruangan Anda terlihat lebih ringan.

Jangan lupa, perhatikan pengecatan langit-langit. Banyak ahli menyarankan untuk mengecat langit-langit dengan warna yang sama atau bisa juga warna yang lebih terang satu tingkat dari dinding rumah. Jika cat warna dinding dan langitlangit Anda terlalu kontras, ruangan akan tampak seperti terbelah. Anda juga bisa menempatkan furnitur besar.

Lebih baik Anda meletakkan furnitur yang besar, tapi satu berada di rumah karena akan terlihat lebih luas, daripada Anda harus meletakkan furnitur yang kecilkecil tetapi banyak. Bisa satu karpet besar atau satu lampu gantung besar. Bahkan dengan satu cermin besar akan membuat ruangan dalam rumah terlihat lebih luas daripada perabotan yang berukuran kecil.

Semakin sedikit perabotan yang ada pada rumah akan lebih baik dan Anda juga tidak perlu susah payah bila bosan ingin mengganti desain rumah karena perabotan jumlahnya cuma sedikit. Tambahkan pula dengan gambar lukisan yang besar. Jika ada tamu yang sedang bertandang ke rumah Anda, buatlah mereka fokus pada satu titik yang cukup menonjol. Anda bisa meletakkan lukisan yang besar dengan gambar indah dan unik.

Rendra hanggara
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7873 seconds (0.1#10.140)