10 CEO Perempuan dengan Bayaran Tertinggi di AS

Minggu, 21 Juni 2015 - 13:02 WIB
10 CEO Perempuan dengan Bayaran Tertinggi di AS
10 CEO Perempuan dengan Bayaran Tertinggi di AS
A A A
BANYAK chief executive officer (CEO) perempuan yang mendapatkan bayaran melampaui pria, meskipun secara rata-rata jumlah mereka masih kalah.

Dilansir dari Seattle Times, Minggu (21/6/2015), berdasarkan data kompensasi-ekeskutif perusahaan Equilar dan Associated Press (AP), bayaran rata-rata CEO perempuan di Amerika Serikat (AS) pada tahun lalu naik menjadi USD15,9 juta atau setara Rp213 miliar, meningkat 21% dari tahun sebelumnya. Sementara CEO pria rata-rata mendapat bayaran USD10,4 juta atau senilai Rp138 miliar, turun 0,8% dari 2013.

Marissa Mayer, bos Yahoo, adalah CEO perempuan dengan bayaran tertinggi. Kompensasinya dua kali lipat lebih besar dari Carol Meyrowitz, bos perusahaan TJX, yang menduduki posisi dua.

Data Equilar dan AP juga mengungkapkan CEO perusahaan perempuan di AS jauh lebih sedikit dibanding pria, yakni dari 340 CEO 17 di antaranya wanita.

Berikut 10 CEO perempuan dengan bayaran tertinggi di AS:

1. Marissa Mayer, Yahoo
Bayaran USD42,1 juta, naik 69%.

Harga saham Yahoo naik 177% sejak perusahaan teknologi internet ini mempekerjakan Mayer dari Google pada Juli 2012. Laba Yahoo melonjak pada tahun lalu setelah mengangkat USD9,5 miliar dengan menjual sebagian sahamnya di Alibaba, situs e-commerce China.

2. Carol Meyrowitz, TJX Cos
Bayaran USD23,3 juta, naik 13%

Meyrowitz telah memimpin perusahaan induk TJ Maxx, Marshall dan toko-toko lain, sejak Januari 2007. Untuk tahun yang berakhir pada Januari, perusahaan melaporkan laba USD2,22 miliar dari pendapatan USD29,08 miliar. Pada Februari, perusahaan mengatakan akan menaikkan upah karyawan per jam. Di mana karyawan yang telah bekerja selama enam bulan atau lebih akan mendapatkan bayaran setidaknya USD10 per jam.

3. Meg Whitman, Hewlett-Packard
Bayaran USD19,6 juta, naik 11%.

Ketika Whitman bergabung HP pada 2011, dewan perusahaan memberikan gaji awal sebesar USD1 per tahun. Pada 2014, dewan memutuskan sudah waktunya menaikkan porsi gaji Whitman untuk membuatnya bertahan dan konsisten di perusahaan teknologi tersebut. Gaji pokoknya meningkat menjadi USD1,5 juta.

4. Indra Nooyi, PepsiCo
Bayaran USD19,1 juta, naik 45%.

PepsiCo., yang memproduksi Frito-Lay makanan ringan, minuman olahraga Gatorade dan Quaker oatmeal, telah meningkatkan kinerjanya dengan menaikkan harga dan pemotongan biaya. Pendapatan perusahaan terkena tahun ini dengan volatilitas mata uang di negara-negara, seperti Rusia dan Bolivia, tapi ini diimbangi pertumbuhan di Frito-Lay Amerika Utara, yang membuat makanan ringan, seperti Doritos, Cheetos dan Tostitos.

5. Phebe Novakovic, General Dynamics

Bayaran USD19 juta, naik 1%.

Novakovic adalah seorang eksekutif senior di General Dynamics lebih dari satu dekade sebelum dipromosikan ke jabatan tertinggi pada Januari 2013. Sejak dia mengambil posisi, saham kontraktor pertahanan itu telah naik dua kali lipat, meningkat pembayaran dividen dan mendorong pembelian kembali saham.

6. Virginia Rometty, IBM
Bayaran USD17.900.000, naik 28%.

Bos IBM dianugerahi bonus USD3,6 juta atas prestasinya tahun lalu, meskipun penjualan dan keuntungan perusahaan menurun.

7. Marillyn Hewson, Lockheed Martin
Penghasilan USD17,9 juta, naik 13%

Hewson adalah veteran 32 tahun di Lockheed Martin dan kepala eksekutif kedua di sebuah perusahaan pertahanan dalam daftar CEO perempuan berpenghasilan tinggi. Penghargaan gajinya meningkat setelah laba perusahaan naik. Di mana saham Lockheed naik hampir 30%.

8. Patricia Woertz, Archer Daniels Midland

Bayaran USD16,3 juta, naik 138%.

Mendekati masa sembilan tahun Woertz sebagai CEO Archer Daniels Midland pada Desember, dia masih memegang posisi ketua di perusahaan, yang membuat minyak sayur, etanol dan bahan-bahan yang digunakan dalam makanan serta minuman kemasan. Kompensasinya termasuk USD501.560 untuk biaya relokasi setelah ADM memindahkan kantor global ke Chicago dari Decatur, Illinois.

9. Irene Rosenfeld, Mondelēz International
Bayaran USD15,9 juta, naik 14%

Pembuat biskuit Oreo, Cadbury chocolate dan Trident mengangkat keseluruhan gaji Rosenfeld sebesar 14% pada tahun lalu. Saham perusahaan naik 3%, dibandingkan dengan keuntungan sebesar 11,4% untuk pasar saham yang lebih luas.

10. Ellen Kullman, DuPont
Bayaran USD13.100.000, turun 1%.

Kullman menghabiskan banyak waktu pada tahun lalu menangkis upaya investor Nelson Peltz untuk mendapatkan lebih banyak pengaruh atas perusahaan kimia berusia 212 tahun itu. Dia menang pada Mei tahun ini setelah pemegang saham memilih menentang sang investor.

Namun, pertarungan menunjukkan DuPont harus melakukan pekerjaan yang lebih baik, menjelaskan transformasi dari pembuat kimia tradisional ke sebuah perusahaan yang berkembang cepat fokus pada produk-produk pertanian dan bahan terbaru.

Baca juga:

25 Miliarder Kaya dengan Usaha Sendiri

10 Perusahaan Pembiayaan Tempat Kerja Terbaik di AS
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0148 seconds (0.1#10.140)