Pertamina Optimistis Rampung Tepat Waktu

Selasa, 23 Juni 2015 - 10:09 WIB
Pertamina Optimistis Rampung Tepat Waktu
Pertamina Optimistis Rampung Tepat Waktu
A A A
JAKARTA - Pertamina memastikan proyek Terminal Bahan Bakar Minyak (BBM) Sambu dan Tanjung Uban berkapasitas total 500.000 kiloliter (kl) dengan nilai investasi USD156 juta tuntas tepat waktu pada semester I/2016.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Dwi Soetjipto mengatakan, Pertamina tengah membangun terminal automation system serta blending untuk produk HSD dan MFO berstandar internasional di TBBM Sambu. Proyek tersebut akan meningkatkan kapasitas TBBM Sambu hingga mencapai 300.000 kl dengan dermaga berkapasitas LR 100.000 DWT.

Adapun di TBBM Tanjung Uban, Pertamina membangun tangki timbun dengan kapasitas 200.000 kl lengkap dengan terminal automation system dan dermaga baru berkapasitas LR 100.000 DWT. TBBM Tanjung Uban dilengkapi dengan fasilitas blending migas yang dapat meningkatkan fleksibilitas pembelian impor produk premium atau HOMC 92 dan nafta.

TBBM Sambu dijadwalkan tuntas pada Maret 2016, sedangkan TBBM Tanjung Uban pada Juni 2016. Investasi yang direncanakan hingga proyek tuntas senilai USD94 juta untuk TBBM Sambu dan USD62 juta untuk TBBM Tanjung Uban. ”Saat ini pelaksanaan proyek masih on the track. Kami harapkan WIKA (Wijaya Karya) selaku pelaksana EPC dapat menuntaskan pekerjaan sesuai waktu yang telah dicanangkan atau jika memungkinkan akan lebih cepat lagi,” ujar dia.

Dwi mengatakan, keberadaan TBBM Sambu akan menjadi babak baru bagi Pertamina yang akan berperan sebagai storage and blending facility provider. ”Selain diperlukan untuk mendukung ketahanan energi, keberadaan fasilitas tersebut dapat mendukung bisnis oil trading perusahaan di wilayah regional Asia Tenggara di masa mendatang, khususnya untuk jenis bahan bakar MFO dan HSD standar internasional,” tutupnya.

Antisipasi Lonjakan Konsumsi BBM dan Elpiji

Di sisi lain Pertamina mengantisipasi kenaikan pemakaian BBM dan elpiji di Provinsi Kepulauan Riau selama Ramadan hingga Lebaran. Supervisor External Relation Pertamina, Marketing Operation I, Zainal Abidin mengatakan bahwa setiap periode Ramadan hingga Lebaran Pertamina selalu siap memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan terus menjaga ketahanan stok dan mempersiapkan pengelolaan distribusi BBM dan elpiji dengan baik.

Nanang wijayanto
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6223 seconds (0.1#10.140)