Jaminkan Aset, SSMS Kantongi Pinjaman Rp1,46 Triliun

Selasa, 23 Juni 2015 - 15:01 WIB
Jaminkan Aset, SSMS Kantongi Pinjaman Rp1,46 Triliun
Jaminkan Aset, SSMS Kantongi Pinjaman Rp1,46 Triliun
A A A
JAKARTA - PT Sawit Sumber Mas Sarana Tbk (SSMS) akan segera mengantongi pinjaman senilai USD110 juta atau setara Rp1,46 triliun (kurs Rp13.300/USD), dengan menjaminkan aset perseroan.

Aset yang dijaminkan berupa Hak Guna Usaha (HGU) perusahaan. Hal ini sudah disetujui pemegang saham melalui Rapat Pemegang Saham Luar Biasa(RUPSLB).

Direktur Keuangan SSMS Harry M Nadir mengatakan, penjaminan aset tersebut untuk memperoleh pinjaman USD110 juta. Perseroan merencanakan dana pinjaman tersebut akan digunakan untuk menutup utang (refinancing) sebesar Rp1,5 triliun.

"Untuk pinjaman kita refinancing pinjaman yang ada dengan tambah utang baru, yang eksisting Rp1,5 triliun. Untuk tambahan utangnya kurang lebih USD110 juta," ujarnya usai RUPSLB di Jakarta, Selasa (23/6/2015).

Dia melanjutkan, pinjaman tersebut akan diperoleh dari PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) dan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (Bank Exim), dengan tenor selama lima tahun.

"Ada dua bank, BMRI lead sindikasi dan Bank Exim," ujarnya.

Sementara porsi pinjaman tersebut masing-masing 50% dari dua perbankan. Sedangkan alokasinya digunakan untuk akuisisi lahan. Namun, dia mengakui, perseroan belum menentukan lahan mana saja yang akan diakuisisi, meski diharapkan teralisasi pada semester II tahun ini.

"Lokasi lahanya belum, yang penting dananya dahulu. Mudah-mudahan semester II (terealisasi) jika dapat kebun bagus bisa meningkatkan value company," pungkasnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5899 seconds (0.1#10.140)