Bank Syariah Solusi Keuangan Pengusaha Muda

Kamis, 09 Juli 2015 - 00:25 WIB
Bank Syariah Solusi Keuangan Pengusaha Muda
Bank Syariah Solusi Keuangan Pengusaha Muda
A A A
JAKARTA - Hipmi Jaya mengungkapkan banyak pengusaha muda di Tanah Air yang mengalami kesulitan dalam mengembangkan usaha. Kehadiran lembaga keuangan atau bank syariah menjadi solusi bagi mereka.

"Dalam kondisi perekonomian Indonesia yang kurang bergairah saat ini, dibutuhkan terobosan bantuan keuangan bagi para pengusaha muda. Bank atau lembaga keuangan Syariah menjadi salah satu solusi bagi para pengusaha muda," ujar Ketua Umum BPD Hipmi Jaya, Ersandria Rendrata dalam keterangan tertulisnya kepada Sindonews, Rabu (8/7/2015).

Keuangan atau perbankan syariah dalam peristilahan internasional dikenal sebagai Islamic Banking atau juga disebut dengan interest-free banking. Peristilahan dengan menggunakan kata Islamic tidak dapat dilepaskan dari asal-usul sistem perbankan syariah itu sendiri.

Bank syariah pada awalnya dikembangkan sebagai suatu respon dari kelompok ekonom dan praktisi perbankan muslim yang berupaya mengakomodasi desakan dari berbagai pihak yang menginginkan agar tersedia jasa transaksi keuangan yang dilaksanakan sejalan dengan nilai moral dan prinsip-prinsip syariah Islam.

Utamanya adalah berkaitan dengan pelarangan praktik riba, kegiatan maisir (spekulasi), dan gharar (ketidakjelasan). Belakangan ini bank syariah menjadi incaran bagi para pelaku bisnis perbankan. Hal ini terjadi karena dari sisi ekonomi keberadaan bank syariah ini memberikan nilai lebih dibandingkan dengan bank konvensional.

Untuk menambah wawasan kepada para pengusaha muda, LP3-Hipmi Jaya bekerja sama dengan Maybank Syariah Indonesia menyelenggarakan Talk To The Expert in Ramadan dengan tema “Bagaimana Keuangan Syariah Bisa Membantu Pengusaha” di Paramadina Graduate School Energy Tower, Jakarta.

Hadir sebagai pembicara dalam acara tersebut Rhesa Yogaswara (Ketua LP3-Hipmi Jaya, IPMI JAYA, alumni master keuangan syariah internasional INCEIF Malaysia), Muhammad Faishol (pimpinan Pesantren Al-Mutaallimin), Syahril Yeddi (Advisor Bisnis Transportasi wakaf produktif Al-Azhar Indonesia), Elsa Febiola Aryanti (Managing Director Paramadina Islamic Management Institute), dan Fadillah Amri (Head of Business Banking-Maybank Syariah Indonesia).

Baca juga:

Tingkatkan Bank Syariah, 18 Bank Gunakan Mini MRA

Hipmi Jaya: Masalah Ekonomi Tantangan Pengusaha
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6756 seconds (0.1#10.140)