Ini Penyebab Ekonomi RI Melambat versi ISEI

Kamis, 09 Juli 2015 - 17:58 WIB
Ini Penyebab Ekonomi RI Melambat versi ISEI
Ini Penyebab Ekonomi RI Melambat versi ISEI
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) Darmin Nasution mengungkapkan, perlambatan pertumbuhan ekonomi Indonesia beberapa tahun terakhir ini karena pertumbuhannya didominasi perkembangan dan pengolahan komoditas sumber daya alam (SDA).

Bahkan hal tersebut terjadi sejak 2006-2007. Dominasi perkembangan SDA ini termasuk terkait pertambangan non migas dan perkebunan. Padahal, sejak dulu ekonomi ‎Indonesia penggeraknya dimotori sektor industri manufaktur, bukan komoditas SDA.

"‎Ekonomi kita itu motor penggeraknya yang dulu di jaman sebelumnya sektor industri manufaktur, beralih ke komoditi," katanya di JCC, Jakarta, Kamis (9/7/2015).

Menurutnya, hal ini akan baik-baik saja jika siklus harga dan perkembangan komoditas SDA ini terus meroket. Sayangnya, perkembangan harga komoditas saat ini terus melempem dan memengaruhi penghasilan orang Indonesia.‎

"Turunnya harga komoditi paling banyak berpengaruh kepada masyarakat di luar Jawa terutama Kalimantan, Sumatera. Bahkan satu sampai dua provinsi yang tadinya sangat menikmati hasil migas, hari-hari ini betul-betul mengalami pertumbuhan negatif. Riau, Kaltim, semua mengalami itu," pungkasnya.‎
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3533 seconds (0.1#10.140)