Kelebihan Pasokan Bikin Harga Minyak Dunia Jatuh

Senin, 10 Agustus 2015 - 12:45 WIB
Kelebihan Pasokan Bikin Harga Minyak Dunia Jatuh
Kelebihan Pasokan Bikin Harga Minyak Dunia Jatuh
A A A
TOKYO - Harga minyak mentah berjangka dunia jatuh pada perdagangan awal di hari ini di Asia, mendekati level terendah dua bulan akibat mengecewakannya data ekonomi China dan kelebihan pasokan.

Ekspor china merosot 8,35 pada Juli, penurunan tebesar dalam empat bulan terakhir dipicu melemahnya permintaan global

Harga produsen pada Juli berada pada titik terendah sejak akhir 2009, setelah krisis keuangan global, dan telah meluncur terus-menerus selama lebih dari tiga tahun. Ekonomi China diperkirakan hanya tumbuh 7% pada tahun ini.

Dikutip dari Reuters, minyak brent turun 22 sen menjadi USD48,39/barel, setelah menyentuh level terendah lebih dari enam bulan di USD48,26.

Sementara minyak mentah Amerika Serikat (AS) turun 18 sen menjadi USD43,69 dari sebelumnya USD43,35, terendah hampir lima bulan.

Kedua minyak mentah ini telah jatuh selama enam pekan berturut-turut, terbebani kelebihan pasokan kronis dan menurunnya permintaan.

Data resmi pemerintah menunjukkan, produksi minyak AS naik mendekati level tertinggi sejak tahun 1970-an pada minggu terakhir, melonjak hingga 9,5 juta barel per hari (bph).

Perusahaan jasa ladang minyak, Baker Hughes menyatakan bahwa jumlah rig minyak AS telah bertambah enam, menambah sentimen bearish minyak mentah karena mengisyaratkan produksi bisa naik karena tingginya kegiatan pengeboran.

Pengebor telah menambahkan total rig menjadi 32 selama tiga minggu terakhir.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8725 seconds (0.1#10.140)