KKP Luncurkan Produk Inovasi Kelautan dan Perikanan

Selasa, 11 Agustus 2015 - 10:44 WIB
KKP Luncurkan Produk Inovasi Kelautan dan Perikanan
KKP Luncurkan Produk Inovasi Kelautan dan Perikanan
A A A
JAKARTA - Badan Penelitian dan Pengembangan Kelautan dan Perikanan (Balitbang KP) hari ini meluncurkan produk inovasi bidang kelautan dan perikanan, hasil karya para Peneliti Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Peluncuran ini bertepatan dengan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas).

Kepala Balitbang KP Achmad Poernomo mengungkapkan, selama kurang lebih satu tahun KKP telah banyak menghasilkan berbagai produk inovasi di bidang kelautan dan perikanan yang bermanfaat bagi stakeholder dan masyarakat.

"Produk tersebut merupakan hasil penelitian dan pengembangan yang dilakukan peneliti dan perekayasa," katanya di gedung Minabahari III KKP, Jakarta, Selasa (11/8/2015).

Adapun produk-produk inovasi teknologi Balitbang KP 2015 yang diluncurkan di antaranya E-Log Book, E-Observer (E-Borang), Sistem Informasi Nelayan Pintar, dan Sistem Informasi Garam Rakyat (SiTEGAR).

"E-Log Book merupakan aplikasi pengganti formulir log book konvensional sehingga penggunaannya lebih mudah dan akurat. Sedangkan e-observer (E-borang) merupakan aplikasi yang digunakan observer perikanan untuk mengisi data penangkapan ikan secara elektronik," imbuh dia.

Sementara, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dalam sambutannya mengatakan bahwa produk inovasi sedianya harus ‎mudah diaplikasikan (applicable), mudah diakses (accessible), dan berkelanjutan (sustainable).

‎"Nah kan ada e-logbook dan e-observer. Kenapa enggak satu saja. Karena e-observer juga bekerja di e-logbook supaya lebih efisien dan sufficience. Itu tidak akan mengurangi inovasi tapi dalam apliksainya jadi lebih ringkas," tandas Susi.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5079 seconds (0.1#10.140)