Jokowi Beri Perhatian Khusus Energi Terbarukan

Rabu, 19 Agustus 2015 - 12:40 WIB
Jokowi Beri Perhatian...
Jokowi Beri Perhatian Khusus Energi Terbarukan
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan akan memberi perhatian khusus terhadap energi baru dan terbarukan, mengingat potensinya yang melimpah di dalam negeri.

Dia menyebut, penggunaan energi fosil saat ini masih sangat besar atau sekitar 95% dari bauran energi nasional. Sebab itu, pemerintah ke depan akan serius memberikan perhatian kepada energi baru dan terbarukan.

"‎Masalah yang berkaitan dengan insentif, tarif dan perizinan, hal yang berkaitan dengan energi baru terbarukan akan kita beri perhatian khusus. Entah dengan kenaikan tarif, izin dan lain-lain," katanya dalam acara The 4th Indonesia EBTKE Conex 2015 di JCC, Jakarta, Rabu (19/8/2015).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menyebut, kekuatan panas bumi di Indonesia mencapai 29.000 megawatt (MW) dan menjadi kekuatan serta potensi yang luar biasa. Jika diperlukan, Jokowi mengusulkan pembentukan BUMN khusus untuk menangani hal tersebut.

"Kalau diperlukan untuk geothermal dibentuk BUMN khusus ngurus ini karena kita sampai ke Papua punya potensi yang sangat besar. Perhatian khusus ke bidang ini harus betul-betul kita berikan," imbuh dia.

Kendati saat ini harga minyak dunia sedang mengalami penurunan, namun Jokowi mengimbau investor yang bergerak di bidang energi baru dan terbarukan untuk tidak khawatir.

"Karena ke depan arah kita jelas sekali. Kita harus konsisten ke depan mengarah ke bidang ini, sehingga investasi di bidang energi baru terbarukan terus akan kita dorong karena kita memiliki potensi yang besar dan berlimpah," tandasnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0887 seconds (0.1#10.140)