Buka Peluang Pebisnis Food Truck Pemula

Selasa, 25 Agustus 2015 - 09:08 WIB
Buka Peluang Pebisnis Food Truck Pemula
Buka Peluang Pebisnis Food Truck Pemula
A A A
Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) mencoba membuka peluang pelaku bisnis food truck pemula dalam mengembangkan usahanya.

Di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015 mereka memberikan konsep membangun food truck yang tidak mahal. Seperti apa?

Selebritas Christian Sugiono sudah lama ingin mencoba bisnis food truck yang memang tengah menjadi tren saat ini. Meski sudah kerap melakukan berbagai jenis usaha, suami dari aktris Titi Kamal ini tetap merasa newbie atau orang baru di bisnis food truck .

Meski memiliki modal yang cukup kuat, Tian, panggilan akrabnya, tidak mau langsung mengguyurkan dana besar untuk membangun sebuah food truck . ” Melihat perkembangannya bisnis (food truck ) berkembang dengan pesat. Tentu sebagai pengusaha akan berpikir untuk mengikuti tren yang ada. Tapi, sebagai pemain baru di bidang food trucks kami harus melihat efisiensi dari berbagai macam hal. Paling utama adalah efisiensi biaya operasional,” ujar Tian.

Ya , membangun food truck tentu membutuhkan biaya yang cukup besar. Anglia, salah satu pebisnis pionir food truck dari Jakarta Food Truck saja pernah mengaku untuk membangun food truck sama saja seperti membangun sebuah restoran. Ada banyak biaya yang dikeluarkan. ” Menghabiskan dana seperti satu restoran, karena ini seperti unit restoran tapi yang berjalan. Kemudian, di belakang ada back kitchen yang memang untuk preparasi pengolahan bahan awal,” kata Anglia.

Tapi bukan berarti hal tersebut menutup peluang pebisnis baru yang tidak memiliki modal yang besar. Tian pun mencoba mencari sebuah kendaraan niaga yang memang tidak membutuhkan biaya tinggi. Baik dari pembelian hingga operasionalnya. Dari situ dia melihat kendaraan niaga milik TMDI yang memiliki harga yang cukup masuk akal yakni Tata Ace EX2 dan Tata Super Ace.

” Tata Ace EX2 cocok bagi kami wirausahawan yang baru merintis usaha food truck . Harganya cukup murah, mesinnya yang diesel 700 cc tidak berlebihan untuk dijadikan sebagai sebuah kendaraan usaha. Apalagi, harga solar saat ini lebih murah serta konsumsi bahan bakarnya yang irit ditambah suku cadangnya yang murah, sangat menjanjikan keuntungan,” papar Tian.

Soal harga, Tata Ace EX2 700cc memang sangat ramah di kantong. Truk diesel ini dibanderol dengan harga Rp75 juta dan Tata Super Ace 1.400 cc diesel berharga Rp113 juta on the road Jakarta. Harga ini bisa lebih dari setengahnya harga truk-truk komersial yang biasa dipakai di bisnis food truck . Memang dari segi ukuran, Tata Ace EX2 tidak seperti food truck yang sudah ada.

Ukurannya jauh lebih mini dari food truck lain. Tapi menurut Tian, di situlah efisiensinya sehingga pebisnis food truck pemula bisa mengembangkan diri lebih baik. Apalagi, menurut Direktur Pemasaran dan Distribusi TMDI Pankaj Jain, TMDI bisa membantu membangun karoseri truk tersebut jadi sebuah restoran berjalan. ” Untuk penambahan karoseri, biaya ditambahkan sebesar Rp20-25 juta. Biaya tersebut akan masuk juga dalam cicilan bila dibeli secara kredit,” ujarnya.

Pankaj Jain mengatakan, kedua mobil komersial andalan mereka ini memiliki semua poin penting yang harus dimiliki oleh kendaraan usaha. Seperti keiritan bahan bakar karena menggunakan solar, biaya operasional rendah, dan suku cadang genuine yang murah. TMDI sendiri saat ini memiliki 16 dealer 3S (sales, service, spare parts ) di seluruh Indonesia dan 60 fasilitas 2S (service, spare parts ).

Demi menjamin kenyamanan usaha bergerak (mobile business ) para pelanggannya, TMDI juga siap menerima order pesanan model aplikasi sesuai keinginan konsumen bekerja sama dengan karoseri ternama di Indonesia. Kelebihan tersebut tentu akan bermanfaat bagi pebisnis pemula karena mereka jadi bisa memusatkan pengeluaran mereka untuk pengadaan bahan-bahan makanan bisnis food truck .

” Kami ingin meyakinkan bahwa produk Tata Motors efisien dari segi biaya kepemilikan yang lebih rendah di kelasnya. Sehingga, pengguna bisa menikmati keuntungan lebih hingga kenyamanan purnajualnya,” pungkasnya.

Wahyu sibarani
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3542 seconds (0.1#10.140)