Tanaman Tepat Untuk Hunian Modern

Rabu, 26 Agustus 2015 - 09:20 WIB
Tanaman Tepat Untuk Hunian Modern
Tanaman Tepat Untuk Hunian Modern
A A A
Rumah dengan sentuhan modern akan tampil lebih memikat bila dilengkapi beberapa tanaman ini. Mau tahu apa saja jenis tanaman yang cocok untuk menghias taman di rumah Anda?

Hunian dengan sentuhan modern masih menjadi favorit para pemilik rumah saat ini. Desain yang lebih mengutamakan bentuk dan bahan serta menyesuaikan dengan teknologi terkini, membuatnya banyak digemari. Untuk membuat hunian tampil lebih menawan, beberapa arsitek menyisipkan taman, baik di halaman depan maupun belakang rumah.

Pemilihan tanaman untuk rumah berdesain modern tidak boleh sembarangan. Menurut arsitek lanskap dari X-Otic Garden, Andie Noviandi, terdapat empat ciri tanaman yang kerap digunakan pada rumah modern.

Pertama, tanaman memiliki tekstur daun yang simpel. Biasanya ciri daunnya berbentuk jarum, tidak terlalu rimbun, dan tidak banyak memakan lahan. Lalu, tanaman berikutnya yang bisa diletakkan di taman adalah tanaman yang memiliki batang artistik.

Selanjutnya, tanaman yang memiliki pertumbuhan yang lambat. Ini pasti akan cocok mengingat masyarakat modern saat ini cenderung sibuk sehingga tidak dipusingkan dengan masalah perawatan dan pemangkasan.

“Kita juga bisa memilih tanaman bunga dengan warna yang mencolok. Rumah modern biasanya didominasi oleh warna netral. Warnawarna bunga dapat membuat tampilan rumah menjadi lebih semarak,” kata Andie. Lalu, tanaman apa saja yang biasa ditanam di hunian modern yang sesuai dengan kriteria tersebut? Mungkin tanaman yang biasa disebut dengan pohon terompet ini bisa Anda jadikan salah satu pilihan untuk menghias taman Anda.

Tanaman yang memiliki nama latin tabebuiaini memiliki bunga berwarna kuning dan biasanya muncul pada usia tanam delapan bulan. Adapun yang menarik, tanaman ini dapat berbunga sepanjang tahun. Tentu, bunga-bunga ini akan terus mempercantik tampilan rumah Anda. “Pohon terompet memiliki daya tahan akan kekeringan sehingga cocok untuk kita yang tinggal di daerah tropis.

Tabebuia juga tidak memiliki tajuk yang terlalu lebar sehingga tidak merusak tampilan depan rumah. Begitu juga akarnya, pohon tabebuiamemiliki akar tunggang yang tidak merusak kontur permukaan tanah,” kata Andie. Cara perawatan tabebuiaterbilang sederhana. Cukup disiram setiap hari dan diberi pupuk.

Di pasaran, tabebuiaukuran kecil dijual dengan harga sekitar Rp250.000. Sementara untuk ukuran sedang dijual dengan harga Rp500.000 dan yang besar sekitar Rp750.000. Tanaman selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk memberi warna pada taman, yaitu kamboja. Tanaman ini kini menjadi primadona untuk menghias taman dengan konsep modern.

Bagaimana tidak? Bentuk batangnya yang meliuk unik dan aneka warna yang dimilikinya, membuat mata Anda tidak jemu kala memandang. “Tanaman yang berasal dari Amerika Tengah ini ditemukan oleh Charles Plumier. Nama belakangnya kemudian diabadikan sebagai nama latin dari tanaman ini, yakni plumeria. Kamboja termasuk jenis tumbuhan yang mudah dirawat. Penyiramannya pun cukup dilakukan satu sampai dua kali seminggu,” kata Andie. Bila Anda ingin menghadirkan sentuhan taman yang lebih tropis lagi, Anda bisa memilih tanaman Yuka aloifolia.

Tanaman ini sedang digandrungi karena memiliki bentuk yang unik dan perawatannya mudah. Daun yuka, yang terlihat seperti daun palem pada umumnya, juga tidak terlalu tajam dan tak membahayakan manusia.

“Yukabanyak ditemukan di daerah kering dan panas seperti Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Kepulauan Karibia. Jenisnya pun beragam. Namun, yang banyak tumbuh di Indonesia adalah jenis yukayang tidak berbunga,” tutup Andie.

Aprilia S Andyna
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3544 seconds (0.1#10.140)