Bank Jatim Tahan Kredit ke Sektor Kontruksi

Selasa, 01 September 2015 - 15:35 WIB
Bank Jatim Tahan Kredit ke Sektor Kontruksi
Bank Jatim Tahan Kredit ke Sektor Kontruksi
A A A
JAKARTA - Direktur Utama PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk atau Bank Jatim Soeroso mengatakan, bank menahan untuk menyalurkan kredit ke sektor kontruksi. Pasalnya, dana infrastruktur belum banyak yang cair.

"Sektor corporate kendala di kontraktor, proyek sudah hibah tapi uang pembayaran termin belum 100% turun, sehingga uang tidak cepat mengalir," ujarnya di Jakarta, Selasa (1/9/2015).

Menurut dia, hal itu terutama untuk kontraktor yang mengerjakan proyek pemerintah di Jawa Timur. Karena itu, perusahaan masih memperketat kredit sembari menunggu cairnya dana.

"Kontraktor yang kerjakan proyek pemerintah, dana belum bisa turun, kita perketat. Uang belum cair 100%, pengaruhi kredit korporasi, kita agak rem," jelas dia.

Selain itu, Bank Jatim mendorong penyaluran kredit bagi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan koperasi. Pertumbuhan yang terus meningkat menjadi alasan perseroan melakukannya.

"Masuk di UMKM. Faktornya, di Jawa Timur, industri olahan tumbuh. Pelaku UMKM dari 4,2 juta di 2013, sekarang menjadi 6,8 juta," katanya.

Porsi kredit untuk sektro retail ini paling tinggi, yakni mencapai 20%. Sementara bunga yang diberikan sebesar 10,25% hingga 12,50%. Di sisi lain, Bank Jatim juga akan membuat bank khusus UMKM.

"Kita bikin Bank UMKM Jatim, sudah salurkan kredit Rp1 triliun ke UMKM. Ini potensi tingkatkan lending credit," pungkas Soeroso.

Sementara itu, penyaluran kredit Bank Jatim sepanjang paruh pertama tahun ini tmencapai 13,97%. Porsi itu di atas estimasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yang memperkirakan pertumbuhan kredit perbankan di angka 11%.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5865 seconds (0.1#10.140)