Darmin: Paket Kebijakan Ekonomi Dikeluarkan Bertahap

Selasa, 01 September 2015 - 18:30 WIB
Darmin: Paket Kebijakan Ekonomi Dikeluarkan Bertahap
Darmin: Paket Kebijakan Ekonomi Dikeluarkan Bertahap
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Darmin Nasution mengungkapkan, paket kebijakan ekonomi yang akan dikeluarkan pemerintah secara bertahap. Saat ini, masih dalam proses pembahasan di ranah Kementerian Koordinator bersama beberapa menteri ekonomi lain.

Paket kebijakan ini nantinya diharapkan bisa membawa Indonesia lepas dari bayang-bayang pelemahan ekonomi yang disebabkan tekanan ekonomi global.

"Kita akan usahakan pokoknya ada pengumuman dulu tapi tidak sekaligus. Sekarang ada, minggu depan ini, ini. Dia akan bertahap, enggak mungkin selesai sekaligus," kata dia di kantor Kementerian bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa (1/9/2015).

Darmin mengungkapkan, salah satu kebijakan yang harus segera dibenahi adalah mengatur bagaimana membuat industri bisa bangkit dan itu terkait banyak kementerian.

"Perdagangan, kesehatan, semua aturan yang kami anggap menyulitkan industri. Kenapa industri, karena pertaruhan kita ke depan adalah industri. Kalau industri kita tidak bisa berkembang dan bersaing maka kita tidak punya basis untuk berkembang dengan baik," jelas dia.

Darmin juga mengatakan, ada pula yang sifatnya deregulasi. Namun, dia tidak bisa mengungkapkan satu persatu lantaran tidak menghafalnya.

"Ada yang sifatnya deregulasi. Ada banyak saya enggak bisa ingat satu persatu. Ada deregulasi, ada menyangkut pangan terutama daging. Ya impornya apanya seperti apa. Kemudian ada menyangkut keuangan," katanya.

Sebelumnya, Darmin juga diminta Presiden Joko Widodo untuk mempercepat proses pembahasan paket kebijakan ini dan harus selesai dalam waktu dekat. Terutama yang menyangkut soal sektor riil, keuangan, deregulasi hingga tax holiday.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8735 seconds (0.1#10.140)