BTN Perluas Ekspansi ke Jawa Timur

Senin, 07 September 2015 - 09:28 WIB
BTN Perluas Ekspansi ke Jawa Timur
BTN Perluas Ekspansi ke Jawa Timur
A A A
SIDOARJO - PT Bank Tabungan Negara (persero) Tbk (BTN) memperluas ekspansi ke Jawa Timur untuk memperbesar perolehan dana retail.

BTN pun menggandeng PT Pos Indonesia (Posindo) dalam menggenjot perolehan dana tabungan eBatarapos. Direktur Bisnis BTN Sis Apik Wijayanto mengatakan, perseroan serius menggalang dana murah agar bisa memperbesar porsinya dibandingkan deposito.

Salah satu peluang peningkatan dana pihak ketiga (DPK) murah BTN tahun 2015 diharapkan dapat diperoleh dari Tabungan eBatarapos. Tahun ini ditargetkan perolehan dana dari tabungan eBatarapos mencapai Rp3 triliun.

”Melalui produk tabungan hasil kerja sama dengan PT Pos Indonesia ini diharapkan dapat menyubsidi dana pihak ketiga perseroan lebih dari Rp3 triliun. Demi mengejar peluang tersebut, Bank BTN saat ini gencar melakukan road show ke daerah-daerah yang memiliki potensi untuk mendulang untung dari produk tabungan eBatarapos. Salah satunya Jawa Timur,” ujar Sis Apik usai melakukan road show program Banjir Hadiah Tabungan eBatarapos di Sidoarjo, Jawa Timur, kemarin.

Menurut dia, dipilihnya Sidoarjo sebagai tempat road show dengan pertimbangan bahwa wilayah tersebut merupakan perbatasan masuk ke Surabaya. Sidoarjo juga merupakan salah satu sumber ekonomi yang menjadi andalan di Jawa Timur.

”Kita menjemput bola di pintu masuk bisnis di kota ini dengan program Banjir Hadiah Tabungan eBatarapos. Sesuai profil dari tabungan ini, kami optimistis akan banyak masyarakat bergabung menjadi nasabah Tabungan eBatarapos dan ini menguntungkan program banjir hadiah yang sekarang kita pasarkan di wilayah ini,” tegas Sis Apik.

Sis Apik menjelaskan, program Banjir Hadiah ini diperuntukkan bagi nasabah existing dan nasabah baru Tabungan eBatarapos. Program ini dimaksudkan untuk masyarakat agar gemar menabung. ”Kami ingin bagaimana masyarakat menjadi gemar menabung dan program Banjir Hadiah menjadi stimulus untuk itu,” paparnya.

Sebelumnya program yang sama sudah dilakukan di Bandung dan Semarang. Adapun kali ini program tersebut diadakan di Sidoarjo dan Banjarmasin. Kemudian, road show juga bakal digelar ke wilayah Medan, Padang, Palembang, Denpasar, Makassar, Jayapura, dan wilayah Jabodetabek. Road show ke kota-kota tersebut diharapkan dapat menjaring masyarakat menjadi nasabah eBatarapos.

Bank BTN telah menyiapkan hadiah total sebesar Rp3,5 miliar untuk program Banjir Hadiah Tabungan eBatarapos. Sudah disiapkan setidaknya 300 hadiah masing-masing terdiri dari sepeda motor sebagai hadiah I, laptop hadiah II, dan hadiah III berupa handphone.

Plt Direktur Utama PT Pos Indonesia Poernomo mengungkapkan, jaringan kantor pos yang mencapai lebih dari 4.000 unit akan membantu BTN dalam memperoleh dana murah melalui tabungan eBatarapos. Terlebih, kantor pos tersebut banyak yang terletak di pelosok-pelosok daerah.

Adapun, strategi yang dilakukan perseroan antara lain dengan menggunakan program pemerintah seperti bantuan siswa dan bantuan sosial lainnya. Program bantuan ini tidak akan diberikan dalam bentuk tunai melainkan dengan memasukkan dalam tabungan eBatarapos.

Selain itu, kiriman uang dari luar negeri yang dilakukan tenaga kerja Indonesia (TKI) sangat potensial digarap untuk program ini. Menurut Poernomo, ada sekitar Rp14 triliun dana yang dikirim TKI ke Indonesia melalui perseroan. Dari jumlah tersebut 10% ditargetkan bisa menjadi nasabah eBatarapos. ”Jadi, uangnya aman, bisa masuk langsung ke tabungan,” tegasnya.

Hingga akhir tahun ini PT Pos Indonesia menargetkan pendapatan sebesar Rp5,6 triliun atau naik 15% dibandingkan tahun lalu. Meski pendapatan hanya tumbuh 15%, Poernomo optimistis laba perseroan akan naik 100% dari sekitar Rp201 miliar pada akhir 2014 menjadi lebih dari Rp400 miliar tahun ini. ”Kenaikan yang signifikan ini akan kita genjot dari efisiensi biaya yang kami lakukan. Mulai dari yang kecil hingga yang besar,” katanya.

Pada kesempatan sama Bupati Sidoardjo Saiful Illah mengatakan, dengan masuknya perbankan ke Sidoardjo akan semakin membantu pertumbuhan ekonomi daerah tersebut. Apalagi, masyarakat diajarkan untuk gemar menabung, sehingga tidak berprilaku boros.”Saya sangat mendukung program ini karena ini akan membuat masyarakat gemar menabung,” tandasnya.

Rahmat baihaqi
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8885 seconds (0.1#10.140)