MNC Group Siap Bangun Ekonomi Kreatif di Bandung

Kamis, 10 September 2015 - 22:45 WIB
MNC Group Siap Bangun Ekonomi Kreatif di Bandung
MNC Group Siap Bangun Ekonomi Kreatif di Bandung
A A A
JAKARTA - MNC Group siap berpartisipasi membangun Kota Bandung, Jawa Barat. Hal tersebut setelah Wali Kota Bandung Ridwan Kamil bertemu dengan CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT) di MNC Tower, Kebon Sirih, Jakarta.

Ridwan mengatakan dirinya dengan HT sama-sama menilai Bandung sebagai kota yang memiliki peluang menjadi etalase ekonomi kreatif di Indonesia. "Nah, MNC Group kan punya spektrum bisnis media yang ekonomi kreatifnya luar biasa. Kami menawarkan untuk membangun ekonomi itu di Bandung dalam bentuk, misalkan yang paling dekat animator-animator yang dibutuhkan anak bandung," ujar Ridwan Kamil di MNC Tower, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (10/9/2015).

Kemudian, lanjut Ridwan, jangka panjangnya adalah membangun sebuah universitas tentang ekonomi kreatif dan teknologi di Bandung. "Itu yang kami harapkan sejalan dengan visi grup MNC yang memang arahnya ke sana," katanya.

Dia menyebutkan, Bandung jaraknya tidak begitu jauh dari Jakarta. Terlebih, anak-anak muda di Bandung terkenal kreatif.

"Kedua, saya tadi ingin bertanya karena kita butuh investasi swasta ini untuk membangun kota, kira-kira ini memungkinkan tidak. Istilahnya public private partnership. Jadi yang membangun kota itu swasta, tapi Pemprov yang cicil 25 sampai 30 tahun," terang Ridwan.

Dia yakin, dengan begitu perubahan positif di Bandung akan cepat. Selain itu, cash flow bisa dijaga dengan cicilan jangka panjang, APBD pun bisa dijaga dan ekonomi bergerak.

"Nah, Pak Hary ini yang bisa meng-advice, menasihati kami. Bisa enggak logika membangun Indonesia dengan cara seperti ini bisa berlangsung, khususnya dimulai dari Kota Bandung," ucapnya.

Maka itu, kata Ridwan, pemerintah Kota Bandung ingin berkolaborasi dengan MNC Group dalam mengkombinasikan ekonomi kreatif.

Menanggapi ajakan Ridwan Kamil, HT menyatakan akan membangun sebuah kantor di Bandung. "Bandung kan banyak anak-anak muda, anak-anak mahasiswa, yang cocok tentunya sebagai sumber orang-orang yang kita perlukan, untuk animasi. Jadi kami sepakat membuat kantor, akan difasilitas Pak Walikota nanti," ungkapnya.

Langkah ini akan dilakukan HT sesegera mungkin. "Kita juga punya tempat, tanah, sudah dibangun, bisa dilakukan," tegasnya.

Dia juga mendukung rencana Ridwan Kamil membangun smart city. "Kami akan coba ikut partisipasi bagaimana membangun Bandung, bagaimanapun MNC ini punya tanggung jawab di dunia ekonomi kreatif," pungkasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5940 seconds (0.1#10.140)