Jonan Minta Pertamina Turunkan Harga Avtur

Sabtu, 12 September 2015 - 19:07 WIB
Jonan Minta Pertamina Turunkan Harga Avtur
Jonan Minta Pertamina Turunkan Harga Avtur
A A A
JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan meminta PT Pertamina (Persero) agar dapat menurunkan harga bahan bakar pesawat (avtur), sesuai dengan harga internasional.

Jonan mengungkapkan, saat ini BUMN minyak dan gas (migas) tersebut menjadi perusahaan satu-satunya yang memasok avtur kepada maskapai penerbangan di Tanah Air.

"Pertamina sebagai pemasok avtur di bandara-bandara di Indonesia. Ya cuma satu yah, Pertamina saja. Itu diminta untuk menurunkan atau membuat harga avtur yang dijual kepada maskapai penerbangan itu sesuai dengan harga internasional," katanya di Jakarta, Sabtu (12/9/2015).

Dalam laporan PT Angkasa Pura II (Persero), sambung mantan Bos KAI ini, harga avtur yang dijual perusahaan pelat merah tersebut lebih mahal sekitar 20%.

"Mungkin ada Pajak Pertambahan Nilai (PPn), ya sudah kalau ada PPn kan enggak ada masalah. Tapi kalau di luar PPn itu harganya harus sama," imbuh dia.

Menurutnya, penurunan harga bahan bakar pesawat tersebut sedianya dalam rangka mendorong pariwisata dengan meningkatkan jumlah penumpang pesawat dengan mobilitas yang lebih tinggi, serta harga tiket pesawat yang lebih kompetitif.

"Kalau mau harga tiket‎ pesawat kompetitif, ya bahan bakar harus turun. Karena bahan bakar ini tuh kira-kira 50% dari total biaya operasinya airline," pungkasnya.

Sekadar informasi, harga avtur yang dijual Pertamina untuk penerbangan internasional sebesar USD46,60 sen per liter, sementara untuk penerbangan domestik sekitar Rp7.114,35 per liter atau setara USD51,4 sen per liter.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6684 seconds (0.1#10.140)