Anggaran Infrastruktur Harus Efektif

Selasa, 15 September 2015 - 15:11 WIB
Anggaran Infrastruktur Harus Efektif
Anggaran Infrastruktur Harus Efektif
A A A
JAKARTA - Langkah pemerintah untuk meningkatkan proyek infrastruktur terutama di daerah memang bagus, apalagi dengan meningkatkan anggaran Pemda dan desa. Namun, hal itu harus melihat dari kecukupan dana yang dimiliki pemerintah.

Pasalnya, jika dana yang dimiliki pemerintah tidak cukup, maka akan berdampak pada kekonsistenan dan semangat pemerintah dalam membangun infrastruktur di daerah pinggiran.

‎"‎Kenapa saya bilang kalau cukup, pemerintah perlu pastikan kualitas belanja. Tiap rupiah yang dibelanjakan harus efektif, mengurangi kebocoran dan bermanfaat. Misalnya, anggaran pendidikan yang besar kok hanya untuk bangun taman sekolah? Itu kan enggak prinsipil," ujar ekonom CORE Akhmad Akbar Susamto di Jakarta, Selasa (15/9/2015).

Kemudian, kata dia, pemerintah harus memastikan penyerapan anggaran, sampai dengan semester I/2015 tidak sampai 40%, atau dari sekian banyak rencana yang di list pemerintah, tidak sampai separuhnya terealisasi.

"Dan sepertinya antara Juli-Agustus 2015 itu tidak tercapai. Dengan berbagai hambatan yang ada, pemerintah kelihatannya tidak bisa mencapai lebih dari 40%," katanya.

Terakhir, lanjut Akhmad, banyak anggaran yang dialokasikan pada pemda/desa yang pelu dilakukan pembinaan secara intensif. Hal ini harus dilakukan pemerintah pusat untuk memberikan pembinaan.

"Bayangkan, dengan anggaran sekarang saja, banyak yang tidak terserap daerah, enggak dibelanjakan, bahkan cuma disimpan di bank saja," pungkas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7837 seconds (0.1#10.140)