Tom Lembong Ambisi Jadikan Jokowi Maskot Produk RI

Rabu, 16 September 2015 - 18:33 WIB
Tom Lembong Ambisi Jadikan Jokowi Maskot Produk RI
Tom Lembong Ambisi Jadikan Jokowi Maskot Produk RI
A A A
JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Thomas Trikasih Lembong alias Tom Lembong memiliki ide unik, yakni ingin menjadikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai maskot produk Tanah Air yang dijual di luar negeri.

Keinginannya ini melihat fenomena masyarakat di luar negeri yang menggemari mantan Wali Kota Solo ini. Menurutnya, hal tersebut bisa menjadi bagian dari merek nasional (national branding).

"Ini peluang, karena kita bisa menjadikan bagian dari national branding kita," katanya di kantor Kemendag, Jakarta, Rabu (14/9/2015).

Dari sudut pandang pengusaha (entrepreneur), lanjut dia, dikenalnya barang dan jasa yang kita jual tidak terlepas dari national branding bangsa. Misalnya, persepsi masyarakat di luar negeri terhadap bangsa Indonesia.

"Jadi, bukan cuma soal produk tersebut secara spesifik, tapi bagaimana persepsi masyarakat di luar terhadap bangsa kita," imbuh dia.

Pria berusia 44 tahun ini mencontohkan, produk elektronik asal Negeri Gingseng‎, Korea seperti Samsung dan LG yang banyak menikmati manfaat dari ketenaran musik populer asal Korea Selatan yaitu Korean Pop (K-Pop).

Mereka berbondong-bondong menggunakan artis-artis K-Pop untuk menjual produk-produknya. "‎Nah ini kira-kira sama. Sudah pasti kalau kita jualan barang dan jasa, jualan pariwisata, itu semua akan sangat terpengaruh oleh persepsi masyarakat luar terhadap identitas, karakter, dan kepribadian bangsa," tutur Tom.

Menurutnya, Presiden Jokowi menjadi ujung tombak yang bagus untuk national branding Indonesia. "‎Saya sampai tidak berhenti tersenyum melihat fenomena itu. Saya lihat bagaimana kita harus memanfaatkannya," ucapnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7469 seconds (0.1#10.140)