OPEC Target Pangsa Pasar, Harga Minyak Menukik

Jum'at, 18 September 2015 - 09:55 WIB
OPEC Target Pangsa Pasar, Harga Minyak Menukik
OPEC Target Pangsa Pasar, Harga Minyak Menukik
A A A
SINGAPURA - Harga minyak dunia menukik pada Jumat pagi di tengah tanda-tanda baru bahwa Timur Tengah akan memprioritaskan pangsa pasar daripada harga, sementara Amerika Serikat mempertahankan suku bunga terendah di tengah kekhawatiran atas kesehatan ekonomi global.

Minyak West Texas Intermediate (WTI) diperdagangkan di USD46,70/barel pada pukul 08.49 WIB, turun 20 sen dari penutupan terakhir. Harga minyak Brent sedikit berubah menjadi USD49,14/barel.

Kuwait sebagai salah produsen utama dari Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) menyatakan pada Kamis bahwa pasar minyak akan melakukan keseimbangan sendiri tetapi akan memakan waktu, sehingga diperlukan dukungan.

Sumber-sumber di OPEC memperkirakan harga minyak akan naik tidak lebih dari USD5/barel tahun ini untuk mencapai USD80 pada tahun 2020, dengan perlambatan pertumbuhan produksi di negara non-OPEC tidak cukup untuk menyerap kelebihan minyak saat ini.

Harga yang lebih rendah terjadi meski Fed menjaga suku bunga rendah. Analis telah menyarankan, melemahnya dolar AS (USD) akan memberikan beberapa dukungan untuk harga minyak mentah karena membuat minyak mentah yang diperdagangkan dalam USD menjadi lebih murah bagi negara-negara yang menggunakan mata uang lainnya.

"Dengan Fed menahan suku bunga dan USD lemah, dukungan harus kembali ke pasar komoditas," kata ANZ Bank, seperti dilansir dari Reuters, Jumat (18/9/2015).

Namun beberapa pedagang tidak setuju. Menurut mereka, ditundanya kenaikan suku bunga Fed memberi dampak tidak hanya pada melemahnya USD dan ekonomi global, tapi juga kekhawatiran terhadap permintaan minyak global.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6137 seconds (0.1#10.140)