Pendiri Flipkart Masuk Daftar Miliarder Paling Tajir India

Jum'at, 25 September 2015 - 11:11 WIB
Pendiri Flipkart Masuk...
Pendiri Flipkart Masuk Daftar Miliarder Paling Tajir India
A A A
NEW DELHI - Sachin Bansal dan Binny Bansal adalah pendiri perusahaan terbesar e-commerce di India, Flipkart. Keduanya berada dalam daftar miliarder paling tajir di India versi Forbes pada Rabu lalu, masing-masing mencatatkan kekayaan pribadi sebesar USD1,3 miliar.

Berada di urutan 86, duo Bansal adalah miliarder pertama di bidang e-commerce India. Meski mereka memiliki nama belakang yang sama, Sachin dan Binny tidak bersaudara. Keduanya merupakan mitra bisnis, yang bertemu saat belajar di Indian Institute of Technology Delhi dan kemudian menjadi kolega di Amazon sebelum meluncurkan usaha e-commerce mereka pada tahun 2007.

Flipkart dikabarkan sedang mempersiapkan rencana untuk melepaskan sahamnya ke publik (IPO) dengan nilai emisi mencapai USD15,2 miliar.

"Daftar tahun ini mencerminkan gejolak dalam ekonomi global dan pengaruhnya terhadap pertumbuhan sektor di negara berkembang, seperti e-commerce di India," kata editor di Forbes India Sourav Majumdar, seperti dilansir dari CNBC, Jumat (25/9/2015).

Duo Bansals ini merupakan 12 wajah baru di Forbes. Sementara Sunil Vaswani dari Stallion Group, yang tinggal di Dubai merupakan konglomerat dengan bisnis di Afrika Barat menjadi pendatang baru terkaya, berada di peringkat ke-48, dengan kekayaan bersih sebesar USD2 miliar. Selain itu, veteran maskapai dan pendiri dari IndiGo Rakesh Gangwal berada di urutan ke-70 dengan kekayaan bersih senilai USD1,6 miliar.

"Sementara kekayaan keseluruhan orang terkaya India tetap besar dan konstan. Secara keseluruhan, daftar mencerminkan perubahan dalam perekonomian India, dan ketahanan perusahaan India meskipun mengalami ketidakpastian di beberapa sektor," katanya.

Ada beberapa perubahan di bagian paling atas daftar orang terkaya versi Forbes tahun ini. Pemimpin Reliance Industries Mukesh Ambani mempertahankan mahkotanya sebagai orang terkaya India untuk sembilan tahun berturut-turut meskipun mengalami penurunan kekayaan menjadi USD4,7 miliar karena didorong oleh penurunan harga saham perusahaan.

Saham Reliance Industries telah menurun hampir 5% sepanjang tahun ini karena turunnya harga minyak mentah, sehingga membebani perusahaan minyak dan petrokimia raksasa. Namun demikian, kekayaan pribadi Ambani mencapai USD18,9 miliar.

Pemimpin Sun Pharmaceutical Industries Dilip Shanghvi dan pemimpin layanan TI Wipro Azim Premji masing-masing bertahan di tempat kedua dan ketiga.

Cyrus Poonawalla, yang baru-baru ini membeli properti berupa rumah bersejarah di Mumbai sebesar USD110 juta adalah pemenang terbesar dalam daftar tersebut. Dia ditempatkan pada posisi ke-9, dengan kekayaan bersih sebesar USD7,9 miliar.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8532 seconds (0.1#10.140)