BLH Kabupaten Malang Sebagai Percontohan Jawa dan Bali

Senin, 12 Oktober 2015 - 10:46 WIB
BLH Kabupaten Malang Sebagai Percontohan Jawa dan Bali
BLH Kabupaten Malang Sebagai Percontohan Jawa dan Bali
A A A
JAKARTA - Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Malang berhasil melakukan terobosan besar dalam membina perusahaan di daerahnya yang terkena sangsi adminitrasi menjadi taat terhadap peraturan pemerintah.

Keberhasilan tersebut membuat BLH Kab. Malang mendapatkan perhatian khusus dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dengan menjadi tuan rumah pada kegiatan BLH se-Jawa dan Bali pada tanggal 7-8 oktober 2015 untuk meningkatkan kapasitas PPLH/D dan SDM pemerintah daerah dalam penerapan sanksi adsminitratif bidang sumber daya alam, industri, prasarana dan jasa.

“Tentunya kami berharap perbaikan ini akan terus berkelanjutan dan perusahaan semakin peduli terhadap lingkungan,” ucap Tridiyah Maistuti, SH, M.Si selaku kepala BLH kabupaten Malang dalam keterangan tertulisnya pada Sindonews Senin (12/10/2015).

Salah satu perusahaan yang dianggap berhasil adalah PT Greenfields Indonesia. Perusahaan produsen susu dengan merek “Greenfields” tersebut berhasil meraih PROPER Biru setelah mendapatkan pembinaan dari Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Malang.

Sebagai salah satu perusahaan yang berhasil naik dua peringkat langsung ke biru, Greenfields menjadi lokasi studi banding dari seluruh Kepala BLH se-jawa dan bali pada 8 Oktober 2015.

PT Greenfields Indonesia (Greefields) adalah perusahaan peternakan dan produksi susu terpadu yang produk-produknya seperti susu segar, susu UHT, Keju dan Wipped Cream dipasarkan secara nasional dan ekspor ke beberapa negara seperti Singapura, Malaysia dan Hong Kong.

“Sebagai produsen susu yang berkualitas tinggi kami tentu harus melaksanakan konsep triple bottom line, yang meliputi pengelolaan lingkungan dan kemasyarakatan, selain mengupayakan kemampulabaan,” jelas Heru Setyo Prabowo, Head of Farm Indonesia, PT Greenfields Indonesia.

Keberhasilan Greenfields merupakan cerita sukses pembinaan dari BLH Malang serta komitmen dari swasta untuk bersama-sama menata dan mengelola lingkungan serta membangun bisnis yang berkesinambungan.

“Kami sangat mengapresiasi keberhasilan BLH Malang dalam membina perusahaan di wilayah ini. Tentunya ini harus menjadi contoh bagi wilayah lain untuk menerapkan sistem yang sama atau lebih baik lagi,” terang Agus Purwanto dari BLH Sumedang.

Melalui kegiatan ini para petugas PPLH/D diharapkan mendapat pengalaman baru yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kualitas lingkungan di daerahnya masing-masing.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4876 seconds (0.1#10.140)