Naik Tajam, Jumlah Orang Kaya di China Kalahkan AS

Jum'at, 16 Oktober 2015 - 16:01 WIB
Naik Tajam, Jumlah Orang Kaya di China Kalahkan AS
Naik Tajam, Jumlah Orang Kaya di China Kalahkan AS
A A A
BEIJING - Jumlah orang kaya atau miliarder di China saat ini mampu mengalahkan miliarder di Amerika Serikat (AS), meski pertumbuhan ekonomi China mengalami perlambatan.

Seperti dikutip dari Times of Malta, Jumat (16/10/2015), jumlah miliarder di daratan China tahun ini naik dua kali lipat atau 596 miliarder dibanding tahun lalu yang sebesar 242 miliarder. Hal itu berdasarkan daftar orang super kaya di China yang diterbitkan Hurun Laporan Inc dibanding dengan 537 miliarder di AS.

"Meskipun terjadi perlambatan ekonomi, orang terkaya di China telah melawan gravitasi, tahun terbaik bagi mereka dan menciptakan lebih banyak kekayaan dari negara manapun yang pernah dilakukan sebelumnya dalam satu tahun," kata Kepala Hurun Report, Rupert Hoogewerf.

Industri teknologi informasi di China booming sebagai sumber pertumbuhan kekayaan tercepat, dengan jumlah individu dari industri melompat 43% pada tahun lalu.

Pebisnis properti Wang Jianlin menempati posisi pertama sebagai orang terkaya dengan kekayaan sekitar USD34,4 miliar, menyalip Ketau Eksekutif Alibaba Group Holding Ltd Jack Ma.

Empat pengembang properti berhasil masuk ke 10 besar, sementara miliarder teknologi menyumbang empat milairder, termasuk pendiri Tencent Holdings Ltd Pony Ma menempati posisi keempat dengan kekayaan USD18,8 miliar dan pendiri ponsel Xiaomi Inc Lei Juni pada posisi kelima dengan kekayaan USD14,2 miliar.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5458 seconds (0.1#10.140)