USD Tertinggi dalam 2 Setengah Bulan, Euro Ambruk

Senin, 26 Oktober 2015 - 07:43 WIB
USD Tertinggi dalam 2 Setengah Bulan, Euro Ambruk
USD Tertinggi dalam 2 Setengah Bulan, Euro Ambruk
A A A
TOKYO - Pergerakan dolar AS (USD) pada pagi ini melonjak ke level tertinggi dalam 2 setengah bulan terhadap sejumlah mata uang lain.

Hal ini terjadi setelah pelonggaran moneter China pada akhir pekan meningkatkan risk appetite investor dan mengirim US Treasury lebih tinggi.

Bursa saham di seluruh dunia melonjak pada Jumat setelah China memangkas suku bunga untuk keempat kalinya tahun ini, hanya sehari setelah Bank Sentral Eropa (ECB) mengisyaratkan siap meningkatkan skala stimulus.

Dilansir dari Reuters, Senin (26/10/2015), indeks USD berdiri di dekat USD97,201, tertinggi sejak 12 Agustus lalu.

Greenback tertinggi dalam 2 bulan lebih dari 121,60 yen, dan euro berjuang di dekat USD1,0989, terendah sejak 11 Agustus.

Benchmark US Treasury yield 10-tahun naik hampir 6 basis poin pada Jumat karena pasar ekuitas rally dan mengurangi permintaan safe haven, memberikan dukungan yang luas terhadap USD.

"Tindakan harga menggarisbawahi bahwa perbedaan tema merupakan pusat skenario bullish dolar AS tidak hanya didorong oleh waktu Fed menghentikan rencana kenaikan, tetapi dengan apa yang dilakukan dan dilakukan bank sentral lainnya," tulis Marc Chandler, kepala strategi mata uang global Brown Brothers Harriman.

"Perbedaan ini belum mencapai puncaknya. Puncaknya setidaknya sampai tahun depan," lanjutnya.

Federal Reserve AS dijadwalkan mulai melakukan pertemuan kebijakan pada Rabu, Reserve Bank of New Zealand bertemu pada hari Kamis dan Bank of Japan (BOJ) pada Jumat.

BOJ telah mengumpulkan perhatian ekstra setelah indikator Jepang menyebarkan ekspektasi pelonggaran moneter lebih lanjut.

Dolar Australia takluk setelah penurunan harga minyak mentah pada Jumat. Aussie sedikit berubah di angka 0,7221 setelah kalah 1% pada akhir pekan.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5752 seconds (0.1#10.140)