Sudirman Kawal Jokowi Jalin Kerja Sama Energi dengan AS

Senin, 26 Oktober 2015 - 19:20 WIB
Sudirman Kawal Jokowi Jalin Kerja Sama Energi dengan AS
Sudirman Kawal Jokowi Jalin Kerja Sama Energi dengan AS
A A A
JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungan kerjanya ke Amerika Serikat (AS). Apakah ini sinyal akan ada pembicaraan khusus antara pemerintah Indonesia dengan Freeport?

Sudirman menjelaskan, bahwa saat ini pemerintah sejatinya telah memiliki ‎kerja sama dan investasi dengan AS di berbagai macam subsektor, di antaranya gas, kelistrikan, serta energi baru dan terbarukan (EBT). (Baca: Misteri Freeport di Balik Kunjungan Jokowi ke AS)

"Dengan Amerika Serikat kan kerja sama investasi kita sudah lama dan amat luas. Di sektor ESDM hampir semua sub sektor kita bekerja sama dengan Amerika Serikat, mulai dari minyak, gas, ketenagalistrikan, mineral, dan energi terbarukan," ujar Sudirman dalam rilisnya di Jakarta, Senin (26/10/2015).

Sudirman menyatakan, dalam rangkaian kunjungannya ke AS tersebut akan ada beberapa pertemuan dengan investor migas dan ketenagalistrikan. Setidaknya dari 14 kesepakatan bisnis (business deal) yang akan dilakukan pemerintah dengan AS, 11 di antaranya berasal dari sektor ESDM yaitu ketenagalistrikan, migas, dan EBT.

Dia menegaskan, pemerintah tidak ada jadwal untuk melakukan pertemuan khusus dengan PT Freeport Indonesia. "Urusan dengan Freeport kan sementara sudah selesai dengan surat dari Kementerian ESDM. Kita membahas hal-hal lain yang lebih luas," tukasnya. (Baca: Langit Tak Akan Runtuh Jika Kontrak Freeport Distop)

Sebelumnya, Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung mengungkapkan Menteri ESDM Sudirman Said tidak jadi ikut rombongan Presiden Jokowi ke Amerika Serikat (AS). Dia pun menegaskan, tidak ada agenda pembahasan Freeport di Indonesia dalam kunjungan Jokowi ke AS.

“Menteri ESDM Sudirman Said tidak jadi berangkat. Jadi tidak ada spekulasi mengenai Freeport,” tandasnya seperti dikutip dalam laman Setkab di Jakarta, Senin (26/10/2015).
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7328 seconds (0.1#10.140)