Menko Darmin Beri Kuliah Umum di UI

Senin, 09 November 2015 - 10:33 WIB
Menko Darmin Beri Kuliah Umum di UI
Menko Darmin Beri Kuliah Umum di UI
A A A
DEPOK - Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Darmin Nasution hari ini bertandang ke Universitas Indonesia (UI) untuk memberikan materi kuliah umum dengan tema 'Inklusi Keuangan'.

Nampak menggunakan batik panjang cokelat biru, pria asal tanah Medan, Sumatera Utara tersebut nampak piawai memberikan materi kuliah umum di depan mahasiswa Fakultas Ekonomi (FE), UI.

"Saya berpikir-pikir ulang beberapa hari ini. Temanya terlalu sempit kalau inklusi keuangan. Dia lebih ada makronya tapi lebih ke mikro. Dan lebih baik saya melihatnya sebagai bagian saja. Barangkali temanya yang mendekati, merancang kebijakan dan langkah-langkah pertumbuhan ekonomi yang sedang melambat," kata Darmin dalam pembukaan kuliahnya di FE dan Bisnis UI, Depok, Senin (9/11/2015).

Darmin menceritakan, ekonomi dunia saat ini sedang melambat. Namun, sebetulnya sejak krisis besar Asia 1998-1999, ekonomi Indonesia boleh dibilang sudah pulih beberapa tahun kemudian.

"Memang perlu waktu 4-5 tahun kemudian baru pulih benar. Namun pulihnya tidak berarti sembuh di semua lini. Kita menyisakan hal yang tidak pernah kembali. Kita ini, negara yang diciptakan Tuhan ketika tersenyum, kalau kata Bimbo. Tapi saya enggak tahu, ini berkah atau persoalan," kata dia.

Selain membicarakan soal krisis, Darmin juga mengupas soal kebijakan pemerintah, paket kebijakan dan kondisi ekonomi Amerika Serikat serta China yang sangat mempengaruhi ekonomi Indonesia.

Rencananya, Darmin akan kembali ke kantornya di bilangan Lapangan Banteng Jakarta Pusat dengan menggunakan kereta api yang akan berjalan dari Stasiun UI Depok, Jawa Barat setelah kuliah umum hari ini.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6652 seconds (0.1#10.140)