Boediono: Mengelola Ekonomi Ibarat Mengendarai Sepeda

Kamis, 12 November 2015 - 10:25 WIB
Boediono: Mengelola Ekonomi Ibarat Mengendarai Sepeda
Boediono: Mengelola Ekonomi Ibarat Mengendarai Sepeda
A A A
DEPOK - Wakil Presiden (Wapres) RI ke-11 Boediono mengatakan, mengelola perekonomian di Tanah Air, khususnya ekonomi makro mirip seperti seseorang yang sedang mengendarai sepeda.

Dia mengatakan, analogi tersebut didapatkannya dari sebuah tamsil dari bacaan wajib, dan setelah puluhan tahun menggeluti dunia perekonomian, baik praktik maupun teori.

"Setelah menggeluti perekonomian dalam praktik, ada satu pelajaran yang masih melekat diingatan. Pelajaran itu berasal dari sebuah tamsil yang saya dapatkan dari bacaan wajib. Tamsil ini menganalogikan pengelolaan ekonomi makro dengan orang mengendarai sepeda," katanya saat menjadi keynote speaker dalam acara seminar Indonesia Economic Outlook 2016 di Universitas Indonesia (UI), Jakarta, Kamis (12/11/2015).

Menurutnya, pada saat mengendarai sepeda si pengendara harus selalu menjaga keseimbangannya untuk dapat terus mengayuh sepeda tersebut. Tak hanya itu, sepeda pun harus selalu dikayuh dengan gerakan maju agar keseimbangan tetap terjaga.

‎Layaknya mengendarai sepeda, mengelola perekonomian makro pun membutuhkan keseimbangan dan stabilitas. Namun, keseimbangan tersebut tidak terlepas dari gerakan mengayuh maju, dalam hal ini diibaratkan sebagai pertumbuhan.

"Keseimbangan dan stabilitas tidak bisa dilepas dari gerakan mengayuh maju yaitu pertumbuhan," imbuh dia.

Boediono mengatakan, baik keseimbangan maupun pertumbuhan satu sama lain harus dikerjakan secara sinkron agar perekonomian di Tanah Air dapat terus berjalan.

Hal itu sama halnya dengan mengendarai sepeda, tanpa keseimbangan dan gerakan mengayuh maju maka sepeda tersebut tidak akan pernah berjalan ke depan.

"Satu sama lain harus dikerjakan secara sinkron agar perjalanan terus berlanjut. Analoginya sangat menarik," tandas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3840 seconds (0.1#10.140)