Perindo Dirikan Warung Angkringan

Minggu, 29 November 2015 - 15:29 WIB
Perindo Dirikan Warung Angkringan
Perindo Dirikan Warung Angkringan
A A A
BANTUL - Sebagai bentuk komitmen terhadap golongan ekonomi lemah, Partai Persatuan Indonesia (Perindo), di Kabupaten Bantul memberikan bantuan modal pendirian warung angkringan. Sebanyak 17 orang dari 17 kecamatan yang ada di Bantul mendapatkan bantuan modal sebesar Rp2,5 juta.

Ketua Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Perindo Bantul, Kanjeng Raden Haryo Tumenggung (KRHT) Rispudo Dipuro mengatakan, sebagai perwujudan dari filosofi yang dikembangkan oleh Ketua Umum Partai Perindo, Harry Tanoe Soedibjo (HT), yang membela golongan lemah termasuk salah satunya golongan ekonomi lemah, maka pihak DPC Perindo Bantul mencoba menciptakan wirausahawan baru di setiap kecamatan.

“Caranya, kami berikan modal pendirian warung angkringan di masing-masing kecamatan,” ungkapnya, Sabtu (28/11/2015) malam, saat rapat konsolidasi Partai Perindo Kabupaten Bantul di Kantor DPC Perindo Bantul.

Para penerima bantuan modal ini adalah masyarakat golongan ekonomi lemah dan melalui seleksi serta verifikasi ketat dilakukan oleh DPC Partai Perindo. Modal sejumlah Rp2,5 juta secara cuma-cuma ini, awalnya diberikan setiap satu kecamatan satu orang.

Rispudo mengungkapkan, setiap penerima bantuan modal nantinya akan diberikan gerobak angkringan senilai Rp1,7 juta dan sisanya sebesar Rp800 ribu diberikan untuk membeli atau memproduksi makanan-makanan yang dijual di angkringan tersebut. Meski diberikan cuma-Cuma, tetapi setiap penerima bantuan nanti akan mengisi ‘celengan’ yang khusus disediakan oleh Partai Perindo di Warung Angkringan Perindo (WAP) tersebut.

“Setiap hari pedagang angkringan ini harus mengisi celengan Rp10.000. Dan setelah enam bulan celengan tersebut akan kami buka dan uangnya kami berikan ke calon penerima yang lain,” terangnya.

Sistem berantai ini diharapkan akan semakin banyak wirausahawan baru muncul dari pedagang-pedagang angkringan bentukan Partai Perindo ini. Dengan demikian, geliat ekonomi akan semakin meningkat dan kesejahteraan masyarakat juga akan bertambah.

Selain itu, pihaknya juga akan membuka satu ruangan khusus di kantor DPC Partai Perindo untuk Warung Potong Rambut (WPR) Partai Perindo. Di WPR ini, nanti masyarakat yang akan memangkas rambutnya diberikan diskon cukup besar. Jika harga normal ongkos potong rambut sebesar Rp10.000, namun di WPR nanti hanya cukup membayar Rp3.000.

“Syaratnya satu, bersedia menjadi anggota Partai Perindo,” terangnya.

Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Perindo, Sutarno, mengaku bangga dengan terobosan yang dilakukan oleh DPC Partai Perindo Bantul. Keberpihakan Partai Perindo kepada golongan ekonomi lemah memang harus dikedepankan.

“Semangat itu harus tetap dipegang teguh kepada setiap kader partai Perindo,” tandasnya.

Tokoh masyarakat Bantul juga anggota DPR RI, Idham Samawi yang hadir dalam rapat konsolidasi tersebut mengaku, siap bekerja sama dengan Partai Perindo yang selalu mengedepankan membela golongan ekonomi lemah. Jika setiap partai ataupun pribadi di Indonesia ini memiliki semangat seperti Partai Perindo, maka Indonesia akan menjadi bangsa yang besar.

“Dua juta rakyat Indonesia menjadi pembantu di negeri orang. Harkat dan martabat bangsa ini selalu diinjak-injak, maka saya sepakat dengan Partai Perindo, untuk menghilangkan itu semua harus menjadikan bangsa ini mandiri,” tegasnya.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3612 seconds (0.1#10.140)