Ekonom: Good Governance Penting dalam Pemerataan

Rabu, 09 Desember 2015 - 15:40 WIB
Ekonom: Good Governance Penting dalam Pemerataan
Ekonom: Good Governance Penting dalam Pemerataan
A A A
JAKARTA - Pengamat ekonomi yang juga Direktur Institut For Economic and Social Research I Kadek Dian Sutrisna Artha mengatakan, pemerintahan yang baik (good governance) memiliki peran penting dalam pemerataan Indonesia di segala aspek.

Menurutnya, dengan good governance bisa membuat kesenjangan yang ada di Indonesia bisa berkurang dan masyarakat bisa hidup lebih sejahtera.

Kemarin, Bank Dunia (World Bank) menyimpulkan bahwa ada empat yang menyebabkan Indonesia memiliki ketimpangan antara si kaya dengan si miskin. Yakni, ketimpangan peluang anak-anak miskin yang tidak punya peluang hidup adil, pekerjaan tidak merata, tingginya konsentrasi kekayaan dan ketahanan ekonomi yang rendah.

"Kita sekarang ini sedang menuju pembangunan institusi yang transparan. Good governance diperlukan di sini untuk pemerataan Indonesia. Karena selama ini kita hidup di tengah ketidakadilan. Ada mafia, pemburu rente, makelar. Itu yang menyebabkan terjadinya ketimpangan ekonomi," kata Kadek kepada Sindonews di Jakarta, Rabu (9/12/2015).

Kadek juga mengatakan, pemerintah yang bersih harus memiliki transparansi dalam segala hal, terutama di tengah situasi politik dan ketidakpastian hukum yang menyebabkan investor ragu untuk masuk ke Indonesia.

"Good governance mencakup transparansi, bebas korupsi, demokrasi dan yang berkeadilan. Kondisi ini biar publik yang menilai sendiri di tengah kasus politik ini itu. Kita butuh penegak hukum yang tegas, kalau tidak kepercayaan investor akan turun dan hanya menciptakan instabilitas politik," pungkas dia.

Baca Juga:

Bank Dunia: RI Alami Penurunan Kesejahteraan

Empat Pendorong Utama Ketimpangan Sosial di Indonesia
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3630 seconds (0.1#10.140)